Manchester City Resmi Datangkan Josko Gvardiol: Jadi Bek Termahal Kedua dalam Sejarah
Josko Gvardiol resmi bergabung dengan Manchester City. (Foto: Instagram @mancity)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City resmi menyelesaikan perekrutan bek tengah asal Kroasia Josko Gvardiol dari RB Leipzig. Sang pemain disodorkan berdurasi kontrak lima tahun.

Penandatanganan itu resmi diumumkan sebagai pemain anyar pada Sabtu, 5 Agustus. Dia didapatkan dengan mahar transfer 77 juta poundsterling atau Rp1,4 triliun.

Jumlah itu menjadikan Gvardiol bek termahal kedua sepanjang masa setelah Harry Maguire, yang bergabung dengan Manchester United dengan nilai transfer 80 juta dari Leicester City pada tahun 2019 silam.

Gvardiol, 21 tahun, tampil mengesankan dalam dua musimnya di Leipzig setelah bergabung dari Dinamo Zagreb pada Juli 2021.

"Saya selalu bermimpi suatu hari nanti bisa bermain di Inggris dan terwujud sekarang bersama Manchester City. Setelah musim yang baru saja mereka jalani adalah sebuah kehormatan besar bagi saya," kata Gvardiol dilansir BBC, Sabtu 5 Agustus.

Gvardiol, yang sejauh ini tercatat membela Kroasia sebanyak 21 kali dan membantu negara itu finis di posisi ketiga di Piala Dunia 2022 serta runner-up di Nations League tahun ini, akan mengenakan nomor punggung 24 di City.

"Siapa pun yang melihat permainan Manchester City musim lalu tahu bahwa mereka adalah tim terbaik di dunia," ujar Gvardiol.

"Bergabung dengan City adalah sesuatu yang sangat istimewa bagi saya dan keluarga saya. Memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan Pep Guardiola akan sangat luar biasa," tambah dia.

Gvardiol termasuk dalam skuad Leipzig yang mencapai semifinal Liga Europa pada musim 2021/2022. Pada saat itu perjalanan mereka berakhir setelah kalah 2-3 dari Rangers.

Leipzig yang dibela Gvardiol masuk di Liga Europa musim tersebut setelah finis di urutan ketiga dalam grup Liga Champions yang dipuncaki oleh City. Pada saat itu Leipzig kalah 1-8 dalam dua leg dari klub, termasuk kekalahan 0-7 di Etihad Stadium.