Hancurkan Spezia 4-2, Napoli Melaju ke Semifinal Piala Italia
Napoli Vs Spezia (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Napoli menghancurkan Spezia dengan skor 4-2 untuk melaju ke semifinal Piala Italia, pada pertandingan perempat final yang dimainkan di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Gol Kalidou Koulibaly yang tercipta saat pertandingan baru memasuki menit kelima membuka keunggulan Partenopei. Sebelum babak pertama usai, mereka kemudian memperbesar keunggulannya melalui gol Hirving Lozano pada menit ke-20, gol Matteo Politano pada menit ke-30, dan gol Eljif Elmas pada menit ke-40.

Melansir Antara, Spezia baru mampu memperkecil ketertinggalan pada babak kedua melalui gol yang diukir Emmanuel Gyasi pada menit ke-70, serta gol Gennaro Acampora pada menit ke-73.

Dengan kemenangan ini, Napoli akan bertemu Atalanta pada semifinal yang berlangsung dua leg dan dimainkan pada 3 dan 10 Februari.

Hanya diperlukan waktu lima menit bagi Napoli untuk memecah kebuntuan. Sepakan Piotr Zielinski yang terdefleksi memantul mengenai mistar gawang, Elseid Hysaj lantas mengirimkan bola kepada Koulibaly untuk dikonversi menjadi gol pembukaan.

Spezia semestinya dapat menyamakan kedudukan beberapa saat kemudian, namun upaya Kostas Manolas saat meluncur membuat bola umpan Daniele Verde gagal diteruskan Nahuel Estevez.

Kiper Spezia Titas Krapikas dapat menepis sepakan lob Mario Rui ke atas mistar gawang, kemudian Lozano menggandakan keunggulan Napoli saat ia mematahkan perangkap offside untuk mengontrol bola kiriman Zielinski dan melesakkannya ke bagian atas gawang tim tamu.

Gol ketiga tercipta melalui proses serupa. Zielinski mengirimkan bola kepada Matteo Politano yang berlari ke arah gawang Spezia, untuk diselesaikan menjadi gol dengan menaklukkan kiper Krapikas yang bergerak maju untuk berusaha mempersempit ruang tembak.

Insigne terlibat dalam proses terjadinya gol keempat, saat ia menaklukkan Adrian Ismajli di lini tengah, berlari cepat ke depan, dan mengirimkan umpan matang untuk diselesaikan Elmas.

Dries Mertens dimasukkan pada babak kedua, dan Politano memaksa kiper lawan melakukan penyelamatan. Namun terlihat jelas Napoli mengendurkan tekanan setelah memimpin empat gol.

Acampora yang pernah menjadi ball boy di Napoli saat masih anak-anak, bergerak cepat di sisi kiri, dan mengirimkan umpan untuk disambar Gyasi yang menjadi gol hiburan.

Beberapa saat berselang, tembakan Acampora dari tepi kotak penalti terdefleksi dan mengecoh kiper David Ospina di tiang dekat. Spezia kini mengejar dua gol.

Setelah itu Napoli sempat kembali mengancam melalui sepakan Diego Demme yang masih dapat ditepis Krapikas. Spezia mendominasi penguasaan bola pada fase akhir pertandingan, namun mereka gagal memperkecil ketertinggalan.

Susunan pemain:

Napoli (4-3-3-: David OSpina, Kalidou Koulibaly, Elseid Hysaj, Mario Rui, Konstantinos Manolas, Eljif Elmas (Victor Osimhen 69'), Diego Demme, Piotr Zielinski (Stanislav Lobotka 69'), Lorenzo Insigne, Matteo Politano (Giovanni Di Lorenzo 88'), Hirving Lozano (Dries Mertens 46' (Tiemoue Bakayoko 88')

Pelatih: Gennaro Gattuso

Spezia (4-3-3): Titas Krapikas, Cristian Dell'Orco (Simone Bastoni 46'), Claudio Terzi, Ardian Ismajili, Luca Vignali (Juan Manuel Ramos 74'), Gennaro Acampora, Matteo Ricci, Nahuel Estevez (Leo Sena 46'), Daniele Verde, Andrey Galabinov (Kevin Agudelo 46'), Emmanuel Gyasi (Diego Farias 74')

Pelatih: Vincenzo Italiano