Resmi Berlabuh ke Barcelona, Ilkay Gundogan: Berat Tinggalkan Manchester City
Pemain Barcelona, Ilkay Gundogan. (Foto: Twitter.com/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Ilkay Gundogan akhirnya memilih Barcelona sebagai klub baru setelah tak melanjutkan kontrak bersama Manchester City. Bagi Gundogan, momen berat yang harus dilaluinya adalah harus berpamitan dengan orang-orang di dalam tim di Etihad Stadium.

Gundogan resmi menandatangani kontrak dengan Barcelona berdurasi dua tahun. Itu artinya dia akan menjadi penghuni Camp Nou, setidaknya hingga 2025.

Namun, dalam kontrak juga disebutkan Gundogan punya opsi perpanjangan kontrak satu tahun dengan klausul pelepasan sebesar 400 juta euro (Rp 6,54 triliun).

Keputusan Gundogan untuk menjadi bagian Blaugrana jelas harus membuatnya meninggalkan banyak kenangan bersama City, termasuk momen meraih 14 trofi. Selama menjadi bagian dari The Citizens, Gundogan sempat meraih lima gelar Premier League, dua Piala FA, empat Piala Liga, dan satu Liga Champions.

Dia bahkan memegang ban kapten skuad Man City saat meraih treble winner di musim 2022/2023.

Semua kenangan dan momen tersebut harus ditinggalkan Gundogan saat melangkah ke Camp Nou. Baginya perpisahan dengan City bukan hal yang mudah, tapi di sisi lain ia masih haus akan tantangan baru.

“Hari yang pahit. Selamat tinggal tidak pernah mudah, tetapi lebih sulit dengan tim ini (Manchester City),” kata Gundogan kepada Players' Tribune dikutip pada Selasa, 27 Juni.

"Ketika saya harus menyampaikan kabar kepada rekan tim bahwa akan pergi di obrolan grup kami, saya sangat emosional. Sungguh saya akan merindukan mereka semua, tapi saya senang untuk mengatakan saya pergi dari sini sebagai juara, dan saya tidak memiliki apa-apa selain cinta untuk klub di hati saya. Berapa banyak pesepakbola yang bisa mengucapkan selamat tinggal sebagai kapten tim treble?" lanjutnya haru.

"Sungguh menakjubkan apa yang kami capai. Lima gelar Premier League dalam tujuh tahun saya di sini. Dua Piala FA. Liga Champions. Treble. Tapi itu hanya trofi. Hal yang paling saya ingat adalah perasaan di dalam skuad, terutama musim ini. Saya tidak pernah mengalami hal seperti ini di sepakbola," kenang Gundogan soal kebersamannya dengan tim.

Selama membela City, Gundogan telah membuat 304 penampilan dengan menyumbang 60 gol serta 40 assist di semua kompetisi. Kepergian Gundogan jelas membuat The Citizens kehilangan, tapi mereka juga harus tetap bergerak cepat untuk bisa segera mendapatkan pengganti yang sepadan dan bisa mengisi posisi kosong pemain 32 tahun itu.