Bagikan:

YOGYAKARTA - Sosok Ivan Jenner tengah menjadi sorotan usai resmi debut bersama Timnas Indonesia. Ivar Jenner merupakan pemain naturalisasi berdarah Jemberm, Jawa Timur yang didatangkan dari Belanda. Seperti apa profil Ivar Jenner dan perjalanan kariernya sebelum berseragam merah putih?

Ivan Jenner merupakan pemain naturalisasi yang sudah resmi menjadi warga negara Indonesia. Ivar bersama pemain naturalisasi lainnya, Rafael Strucik, dipanggil oleh Shin Tae-Yong untuk tampil dalam laga FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina pada bulan Juni 2023.

Ivar Jenner menjalani laga pertamanya saat Indonesia menghadapi Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu (14/6). Tampil sebagai pemain pengganti, Ivar Jenner dipercaya bermain untuk posisi gelandang. Seperti apa profil Ivar Jenner?

Profil Ivar Jenner

Ivar Jenner merupakan pemain naturalisasi keturunan Indonesia-Belanda yang ditarik oleh PSSI sejak tahun 2022. Ivar masih memiliki darah keturunan dari nenek (ibu dari ayahnya) yang lahir di Jember, Jawa Timur. 

Ivar Jenner lahir di Utrecht, 10 Januari 2004. Pemain berusia 19 tahun ini baru saja menjalani prosesi sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada 22 Mei lalu bersama Rafael Strucik yang juga pemain naturalisasi. 

Perjalanan Karier Ivar Jenner

Meski usianya masih mudah, karier Ivar di dunia sepak bola bisa dibilang cukup bagus. Ivar sudah unjuk skill di lapangan hijau sejak berusia 6 tahun. Ia bergabung dengan klub junior IJsselsteinse FC dari tahun 2010 hingga 2014. 

Ivar Jenner kemudian bergabung dengan Jong Ajax pada tahun 2014 hingga 2015. Pada tahun 2016, Ivar memilih kembali ke kampung halamannya untuk bermain bersama tim junior FC Utrecht. 

Ketika Ivar Jenner masih muda, ia pernah dipanggil untuk memperkuat Timnas Belanda U-15. Pemain muda berbakat ini mengawali debut bersama skuad Belanda saat melawan Belgia pada laga uji coba. Ivar mendapat peran bermain sebagai gelandang bertahan. 

Saat beranjak usia 16 tahun, Ivar Jenner bergabung dengan tim pemain FC Utrecht U-17 tahun 2020. Dua tahun berselang, Ivar dipercaya untuk masuk ke FC Utrecht U-21. Pemain dengan tinggi 186 cm berhasil mencetak dua gol dalam 25 penampilan yang pernah dilakoninya bersama FC Utrecht. 

Ivar Jenner sebelumnya diproyeksikan akan berseragam Timnas Indonesia untuk tampil di ajang Piala Dunia U20 dan Piala Asia U20.

Demikanlah ulasan profil Ivar Jenner dan perjalanan kariernya sebelum bergabung dengan Timnas Indonesia. Pecinta bola di tanah air sudah tidak sabar menyumbang kontribusi Ivar Jenner membawa garuda muda untuk mengepakkan sayapnya lebih tinggi lagi. Ivar diperkirakan akan tampil memperkuat Indonesia U-23 dalam kompetisi Asian Games 2023 dan kualifikasi Piala Asia U-23 pada 2024 mendatang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.