Profil Eric Abidal dan Perjalanan Kariernya sebagai Pemain Muslim Legendaris
Profil Eric Abidal, legenda Barcelona. (Foto: Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemain legenda Eric Abidal kembali disoroti pecinta sepak bola di Indonesia. Pemain asal Perancis tersebut datang ke Indonesia untuk memotivasi para garuda muda. Meski sudah gantung sepatu, nama Eric Abidal masih diingat sebagai pemain bintang yang pernah bersinar pada masanya. Seperti apa profil Eric Abidal dan perjalanan kariernya selama ini?

Eric Abidal diundang ke Indonesia bersama sejumlah pemain legendaris lainnya, yaitu Marco Materazzi, Roberto Carlos, Sebastian Veron, dan Giorgos Karagounis. Para pemain kenamaan tersebut hadir untuk memberi dorongan dan pelatihan bagi pesepakbola muda tanah air dalam acara yang digelar oleh PSSI dan BUMN. 

Di sela-sela acara pelatihan, Eric Abidal terlihat menyempatkan untuk salat Magrib bersama timnas U-16. Abidal merupakan salah satu pemain muslim yang disegani dan diidolakan oleh banyak masyarakat Indonesia. Lantas seperti apa profil Eric Abidal?

Profil Eric Abidal

Eric Abidal lahir di Lyon, Perancis, pada 11 September 1979. Pemain yang saat ini berusia 43 tahun tersebut kerap bermain untuk posisi bek tengah atau stopper. Abidal muda memulai karier sepak bola tingkat junior saat bergabung dengan klub Lyon Duchere. 

Berkasi aksi mengagumkannnya di lapangan hijau, Eric Abidal kemudian masuk ke tim senior Lyon Duchere pada tahun 1996 hingga 2000. Kecintaannya pada kulit bundar pun mengantarkan Abidal di level yang lebih tinggi, yakni membela Timnas Prancis dan menjadi punggawa klub-klub besar Eropa. 

Perjalanan Karir Eric Abidal

Karier sepak bola Eric Abidal di kancah nasional Perancis mulai meningkat perlahan-lahan. Pada tahun 2000, Abidal bergabung dengan klub AS Monaco. Setelah bermain selama dua musim untuk Monaco, Abidal pindah ke klub Lille dan merasakan kompetisi paling bergengsi di Eropa yaitu Liga Champions. 

Pada tahun 2004, Eric Abidal hijrah ke klub raksasa Prancis yaitu Lyon. Saat bermain bersama Lyon selama dua musim, Eric Abidal turut mengantarkan klub tersebut meraih piala Liga Prancis. Lantaran ingin mengembangkan karier dan mendapat pengalaman lebih menantang, Abidal angkat kaki dari Prancis untuk berkarier di Liga Spanyol. 

Pada tahun 2007, Eric Abidal memilih bergabung dengan Barcelona. Memakai nomor punggung 22, Abidal dipercaya mengisi posisi bek tengah. Abidal ikut mengantarkan Barca melaju ke babak final Liga Champions musim 2008-2009 di Roma, Italia. 

Demikianlah ulasan profil Eric Abidal dan perjalanan kariernya sebagi pemain sepak bola legendari. Eric Abidal merupakan seorang mualaf yang lahir di keluarga beragama Katolik. Pemain muslim ini menjadi andalan timnas Perancis dan digemari banyak pecinta bola karena kehebatannya menjaga pertahanan belakang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.