Hadiah Juara Liga di ASEAN, Apakah Indonesia Jadi yang Paling Tinggi?
Pemain Persija Jakarta, Witan Sulaeman, merayakan gol ke gawang PSS Sleman. (Foto: Twitter/@Persija_Jkt)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak penggemar sepak bola yang penasaran dengan hadiah juara liga di ASEAN atau negara-negara di Asia Tenggara. Apakah Indonesia memberikan hadiah tertinggi dibandingkan liga-liga di negara tetangga?

Kompetisi sepak bola dengan format liga memberikan hadiah bagi tim yang mamu menjadi juara. Hadiahkan yang diserahkan kepada pemenang tidak hanya dalam bentuk trofi, namun juga berupa uang tunai. Lantas hadiah juara liga di ASEAN  paling tinggi diberikan oleh negara mana?

Hadiah Juara Liga di ASEAN

Hadiah uang tunai yang diberikan oleh pemenang kompetisi liga sepak bola bisa bervariasi di tiap negara. Perbedaan nominal hadiah yang diserahkan sangat bergantung dari kemampuan penyelenggara dan sponsor di baliknya. Berikut ini daftar hadiah juara liga di ASEAN, apakah Indonesia tertinggi?

Liga Malaysia

Hadiah tertinggi dalam liga-liga sepakbola di ASEAN ternyata dipegang oleh Malaysia. Dalam Liga Malaysia atau Malaysia Super League, tim yang menang akan mendapat hadiah fantastis sebesar 545 ribu dolar AS atau setara Rp8 miliar. Uang tunai dalam jumlah besar tersebut dinilai wajar karena Malaysia banyak ditinggali oleh pengusaha dan pejabat negara yang gila bola, serta banyaknya sponsor yang masuk. 

Liga Thailand

Posisi kedua dalam hadiah tertinggi liga di ASEAN diduduki oleh negara Thailand. Negara berjuluk negeri gajah putih ini memberikan uang tunai sebesar 291 ribu olar AS atau setara Rp4,3 miliar bagi tim yang berhasil menjadi juara liga. Thai League juga disebut sebagai liga terbaik di kawasan ASEAN dalam hal pengelolaan. 

Liga Vietnam

Hadiah tertinggi selanjutnya diberikan oleh Liga Vietnam. Dalam ajang Liga Vietnam, tim yang menjadi juara V. League akan menerima hadiah uang tunai sebesar 214 ribu dolar AS atau Rp3,1 miliar. 

Liga Indonesia 

Liga Indonesia juga memberikan hadiah dengan nominal yang cukup besar bagi pemenang atau juara liga. Tim yang menang akan menerima hadiah sejumlah 134 ribu dolar AS atau setara Rp2 miliar. 

Liga Singapura

Besaran hadiah yang diberikan dalam Liga Singapura masih lebih rendah dibanding Liga Indonesia. Pemenang atau juara Liga Singapura akan mendapat hadiah uang sebesar 113 ribu dolar AS atau setara Rp1,6 miliar. 

Demikianlah ulasan daftar hadiah juara liga di ASEAN. Hadiah tertinggi diberikan dalam Liga Malaysia dengan nominal sebesar 545 ribu dolar AS atau setara Rp8 miliar.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.