Lewandowski Pemain Terbaik FIFA 2020
Robert Lewandowski (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski dinobatkan sebagai Pemenang Terbaik FIFA 2020 dalam malam penghargaan yang juga menganugerahkan gelar Pelatih Terbaik kepada manajer Liverpool Juergen Klopp.

Bagi Lewandowski itu merupakan penghargaan Pemain Terbaik FIFA pertamanya, sedangkan Klopp untuk dua tahun beruntun jadi juru taktik terbaik sejagat versi FIFA.

Sementara itu penyerang Manchester City yang sebelumnya memperkuat Olympique Lyon, Lucy Bronze, dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Putri FIFA 2020, demikian diumumkan laman resmi FIFA, Jumat WIB.

Pelatih kepala tim nasional putri Belanda, Sarina Wiegmann, dinobatkan sebagai Pelatih Putri Terbaik FIFA 2020, mengikuti gelar serupa yang dimenanginya pada 2017.

Malam penghargaan itu juga menganugerahkan gelar Kiper Terbaik Putra FIFA 2020 kepada rekan Lewandowski di Bayern, Manuel Neuer, sedangkan untuk kategori putri diraih oleh kiper Lyon dan timnas putri Prancis Sarah Bouhaddi.

Kendati demikian, Neuer tidak tercantum dalam daftar Tim Terbaik FIFA 2020 sebab tempatnya direbut oleh kiper Liverpool Alisson Becker.

Anggota Tim Terbaik FIFA 2020 lainnya adalah Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Alphonso Davies (Bayern), Sergio Ramos (Real Madrid), Virgil van Dijk (Liverpool), Thiago Alcantara (Bayern/Liverpool), Kevin de Bruyne (Manchester City), Joshua Kimmich (Bayern), Cristiano Ronaldo (Juventus), Lewandowski (Bayern) dan Lionel Messi (Barcelona).

Penyerang Tottenham Hotspur asal Korea Selatan, Son Heung-min, memenangi penghargaan Anugerah Puskas FIFA 2020 alias gol terbaik 2020 lewat gol solonya yang dicetak ke gawang Burnley pada 7 Desember 2019.