Aturan Menonton Tennis: Dilarang Berisik!
Ilustrasi menonton tennis (Foto; Twitter/@Wimbledon)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Aturan menonton tennis tak bisa disamakan dengan cabang olahraga lainnya, terlebih saat menyaksikan turnamen Grand Slam Wimbledon. Jika dalam pertandingan sepak bola, badminton, basket, penonton diperbolehkan bersorak, di turnamen Grand Slam, penonton wajib diam ketika pertandingan sedang berlangsung.

Aturan Menonton Tennis

Sebagaimana diketahui, Grand Slam Wimbledon merupakan salah satu turnamen tennis paling prestisius di dunia. Pihak penyelenggara mewajibkan penonton mengikuti aturan yang mereka buat secara disiplin.

Dikutip VOI dari laman resmi Wimbledon, Minggu, 13 November 2022, berikut aturan menonton tennis yang harus dipatuhi oleh ketika pertandingan sedang berlangsung:

  1. Mematikan Perangkat Komunikasi

Ketika menonton grand slam, pastikan untuk mematikan (swich off) telepon genggam, tablet dan perangkat komunikasi yang lain, baik di sektor penonton maupun di dekat lapangan. Anda juga tidak diperbolehkan memotret dengan lampu liat (flash).

  1. Dilarang Menggunakan Tongsis

Sama halnya dengan aturan yang diberlakukan di event olahraga dan hiburan besar lainnya, pihak penyelenggara melarang penonton menggunakan ‘tongsis’ atau ‘tongkat narsis’ saat berada di tribun penonton.

  1. Dilarang Keluar-Masuk Area Penonton

Ketika pertandingan berlangsung, penonton dilarang keluar-masuk area tribun, kecuali kedua petenis sudah menyelesaikan dua game dan akan bertukar tempat. Penonton juga dilarang keluar-masuk tribun ketika berlangsung tie break.

  1. Jangan Membuat Kegaduhan

Saat menyaksikan turnamen, Anda juga dilarang membuat gaduh ataupun bersorak-sorai. Terlebih saat para petenis melakukan sebuah reli (jual-beli pukulan dalam waktu panjang).

  1. Jangan Bertepuk Tangan

Penonton juga tidak diperkenankan bertepuk tangan ketika sebuah servis menyentuh net ataupun saat double fault.

  1. Dilarang Merokok

Penonton tidak boleh merokok, meskipun dengan rokok elektrik. Larangan ini berlaku di semua area pertandingan dan tempat-tempat yang diberi tanda khusus.

Merokok hanya diperbolehkan saat berada di tempat terbuka, dengan beberapa pengecualian.

  1. Tidak Boleh Membawa Botol Minuman

Penonton tidak boleh membawa botol minuman ke tribun. Sebagai gantinya, penonton diperbolehkan membawa masuk minuman di gelas/cangkir plastik/kertas.

  1. Bayi dan Anak dengan Usia di Bawah 5 Tahun Tak Boleh Masuk Tribun

Penyelenggara melarang penonton membawa bayi dan anak-anak di bawah usia 5 tahun ke area tribun.

Dari aturan-aturan menonton tennis di atas, dapat simpulkan bahwa pertandingan tennis berjalan dengan suasana yang hening dan penonton hanya bisa mendengar suara bola memantul, suara sepatu pemain, dan suara pemain.

Sesekali, penonton memang diperbolehkan memberikan tepuk tangan pada saat momen tertentu, seperti mencetak poin. Akan tetapi, secara garis besar, penggemar tennis sangat diam ketika pertandingan.

Alasan Penonton Harus Diam Saat Menyaksikan Tennis

Ilustrasi pertandingan tennis
Ilustrasi pertandingan tennis (foto: Instagram.com/@leomessi)

Aturan penonton tidak boleh berisik ketika menyaksikan pertandingan tennis bermula dari sejarah olahraga ini sendiri.

Pada 1870-an, tennis pertama kali dimainkan di Inggris oleh para bangsawan.  Olahraga Sangat ekslusif untuk kalangan mereka saja. Mulanya, para perempuan kerajaan Inggris main tenis masih dengan mengenakan gaun, lengkap dengan korset.

Sampai saat ini, keluarga Kerajaan Inggris masih sangat menjaga tradisi-tradisinya. Salah satunya adalah sikap mereka yang enggak terlalu mengungkapkan perasaannya dengan lepas. Para penonton tenis pada masa itu tidak mungkin bersorak dan menyanyikan yel-yel seperti penonton pertandingan sepak bola, basket ataupun olahraga lainnya selain tennis.

Selain karena alasan sejarah, suara berisik yang berasal dari penonton ternyata juga dapat mengganggu konsentrasi pemain.

World Tennis Magazine menyebut pemain tennis membutuhkan konsentrasi yang ekstrim sehingga penonton wajib tenang selama pertandingan.

Ketika penonton bersorak-sorai, para pemain tennis bakal kesulitan mendengar suara pantulan bola lawan. Kondisi ini membuat mereka sulit menentukan strategi perlawan.

Demikian informasi seputar aturan menonton tennis Grand Slam. Semoga bermanfaat!