Nilai Skuad Klub-Klub MLS Kini Setara Liga Top di 9 Negara
Klub MLS, Atlanta United (Instagram @atlutd)

Bagikan:

JAKARTA - Major League Soccer (MLS) terus berkembang dan semakin banyak pemain yang melintasi benua untuk mengembangkan karier mereka di Amerika Serikat.

Beberapa pemain seperti Gareth Bale dan Giorgio Chiellini pindah ke liga AS pada usia lanjut. Tetapi, banyak pemain lain seperti Riqui Puig (22), Federico Bernardeschi (28), Christian Benteke (31) atau Lorenzo Insigne (31) pindah ke MLS di usia yang masih sangat produktif.

Itu sebabnya, nilai dari klub-klub MLS mengalami peningkatan. Dikutip dari Marca, Selasa, seorang pengguna Reddit, @u/tomado, telah menyusun nilai dari setiap tim MLS menurut Transfermarkt, dan membandingkannya dengan tim lain di liga yang berbeda.

Secara total, dia membandingkan MLS dengan sembilan liga, memberi peringkat pembanding pada dua kompetisi dengan mengurutkan skuad dari yang paling mahal hingga yang paling murah.

Sebagai catatan, dia tidak menyertakan lima liga besar di mana divisi yang dipilih adalah: liga Portugal, Belanda, Championship, Rusia, Belgia, Turki, Brasil, Meksiko, dan Argentina.

Dan ada beberapa hasil yang mengejutkan.

Membandingkan Liga MX (Meksiko) dan MLS, tim dengan nilai tertinggi adalah Atlanta United FC sebesar 85,44 juta dolar, diikuti oleh Monterrey senilai 80,52 juta, Tigres sebesar 77,99, CF America sebesar 76,67 dan Toronto FC di posisi kelima dengan 71,36 juta.

Liga yang berbeda, cerita yang sama

Pola yang sama muncul di hampir setiap kasus.

Klub-klub top di setiap liga menempati urutan teratas, seperti Sporting CP, Porto dan Benfica di Portugal, Ajax, PSV dan Feyenoord di Belanda, Watford dan Norwich di Championship.

Tapi kemudian datang klub-klub Amerika, yang menempati sebagian besar papan tengah.

Akhirnya, pola yang sama diulang di bagian bawah peringkat. Tim peringkat terendah di liga lain menempati bagian bawah, tanpa tim MLS di lima terbawah.

Atlanta FC memiliki skuad paling mahal kedua dibandingkan klub-klub Rusia, keempat di antara klub Belgia dan Belanda, dan ketiga di Argentina, di belakang Boca Juniors dan River Plate.

MLS tumbuh dengan kecepatan sangat tinggi. Ini adalah liga yang berbeda, atraktif, dan dinamis, di mana minat terhadap sepak bola lokal semakin meningkat. Kita telah melihat bahwa nilainya sangat mirip dengan liga menengah di Eropa dan bahkan melampaui kompetisi Amerika Selatan. MLS sangat serius.