ASEAN Para Games XI 2022: Ni Nengah Widiasih Berpeluang Raih Emas Angkat Berat Putri Kelas 45 Kg
Ni Nengah Widiasih, berpeluang sumbang emas untuk Indonesia di cabang para angkat berat putri kelas 45 kg ASEAN Para Games XI 2022. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Cabang para angkat berat berpotensi menyumbangkan emas perdana bagi Indonesia di ASEAN Para Games (APG) XI tahun 2022. Peluang emas itu bersumber dari lifter Ni Nengah Widiasih yang akan turun di kelas 45 kilogram (kg) putri, Senin (1/8/2022) di Hotel Solo Paragon. Para angkat berat menjadi salah satu cabang yang paling awal memperebutkan medali di APG kali ini.

Selain memburu emas pertama, perempuan yang akrab disapa Widi tersebut mengusung misi mempertahankan gelar. Pada APG edisi sebelumnya di Kuala Lumpur tahun 2017, Widi sukses menyumbangkan emas di kelas 45 kg. Lifter andalan Merah Putih itu mengaku sudah siap bertanding dan mencetak emas perdana bagi Indonesia.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan gelar juara, apalagi kita tuan rumah. Semoga lagu Indonesia Raya bisa berkumandang,” ujarnya saat ditemui di Media Center Utama APG, Swiss-Belinn Saripetojo Solo, menurut rilis yang diterima VOI pada Sabtu (30/7/2022).

Berpredikat peraih perak Paralimpiade Tokyo 2020 dan perunggu Paralimpiade Rio de Janeiro 2016, Widi menjadi unggulan di APG 2022. Namun Ni Nengah Widiasih perlu mewaspadai kompetitor seperti Achelle Guion. Lifter senior Filipina itu pernah merebut perak kelas 45 kg pada Asian Para Games 2014 di Korea Selatan.

“Saya rasa semua atlet punya kekuatan masing-masing. Saya waspada sama mereka, tapi mereka juga pasti waspada sama saya. Saya adalah salah satu yang terkuat di antara mereka,” ujar perempuan kelahiran Karangasem, Bali itu.

Disinggung kiatnya menyiasati beban karena status unggulan, Widi mengaku mencoba hanya berkonsentrasi pada pertandingan. Dia menyebut prestasi yang diraih sebelumnya harus menjadi pemacu alih-alih menjadi beban saat berlaga.

“Sebisa mungkin dibawa senang aja. Fokus konsentrasi sehingga saat pertandingan bisa maksimal.”

Indonesia sendiri menargetkan torehan enam medali emas dari cabang para angkat berat pada ASEAN Para Games XI 2022. Kontingen Merah Putih bakal bersaing pada 13 kelas dari total 18 kelas yang dipertandingkan.

Pada hari pertama pertandingan, Senin, cabang para angkat berat ASEAN Para Games XI 2022 bakal memainkan kelas 41 kg, 45 kg, 50 kg, 55 kg dan 61 kg putri (jadwal bisa berubah seusai technical meeting pada Minggu [31/7/2022]). Selain Widi, Indonesia bakal menurunkan lifter putrinya yakni Eneng Paridah (41 kg) dan Rani Puji Astuti (61 kg) pada hari pertama perebutan medali.