5 Alasan Denmark Bisa Jadi Batu Sandungan di Piala Dunia 2022 Qatar
Timnas Denmark (Twitter @DBUfodbold)

Bagikan:

JAKARTA - Denmark akan berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA keenam mereka di Qatar. Kami menyoroti lima alasan Tim Dinamit bisa memenangkan trofi utama kedua mereka.

Mundur ke bulan November, ketika pelatih Denmark Kasper Hjulmand ditanya oleh FIFA.com apakah dia senang dengan status Denmark sebagai kuda hitam untuk Piala Dunia 2022, dia menjawab: “Saya pikir itu bagus karena itu berarti kami jelas melakukannya sesuatu yang benar. Bagi saya, satu-satunya hal yang lebih baik adalah jika mereka mengatakan kami adalah salah satu favorit!

“Kami tidak berpikir kami lebih baik dari yang lain, tetapi kami tahu bahwa kami adalah tim yang bagus dan kami dapat bersaing dengan siapa pun. Dan jika ada tekanan karena dianggap sebagai pesaing, kami setuju dengan itu.”

Berikut adalah lima alasan mengapa Denmark bisa melangkah jauh di Piala Dunia tahun ini.

6

Juara bertahan selalu tersingkir di babak penyisihan grup pada enam kesempatan: pada 1950 (Italia), 1966 (Brasil), 2002 (Prancis), 2010 (Italia), 2014 (Spanyol), dan 2018 (Jerman). Bisakah Denmark membantu ini terjadi untuk ketujuh kalinya? Dipasangkan dengan juara bertahan Prancis di Grup D, mereka memiliki peluang bagus untuk memenangkan grup ini dan berpotensi menyiapkan rute yang lebih mudah ke final.

10

Setelah peristiwa dramatis EURO 2020 seputar kolapsnya Christian Eriksen, Denmark telah menyempurnakan sesuatu yang tidak dimiliki negara lain: kohesi dan semangat tim. Saat gelandang berusia 30 tahun itu berjuang untuk kembali ke tim nasional, ia telah menjadi simbol harapan yang sangat istimewa bagi tim Denmark – tidak hanya untuk para penggemar negara itu, tetapi juga untuk orang-orang di seluruh dunia yang jauh di luar lapangan sepak bola. Namun, memiliki pemain jimat saja tidak cukup untuk memenangkan gelar – pemain itu juga harus menampilkan performa yang kuat. Eriksen melakukan hal itu saat kembali ke timnas dalam dua pertandingan persahabatan melawan Serbia dan Belanda pada akhir Maret, mencetak dua dari lima gol Denmark dengan satu gol di setiap pertandingan.

11

Saat pengundian fase grup Piala Dunia, Denmark berada di posisi 11 dalam Peringkat Dunia FIFA, menjadikan mereka tim dengan posisi terbaik di Pot 2 setelah Meksiko (ke-9) dan Belanda (ke-10). Mundur ke tahun 1986, Argentina membuktikan bahwa adalah mungkin untuk menjadi juara dunia bahkan jika Anda tidak termasuk unggulan teratas dalam sebuah turnamen.

27

Denmark mencetak 27 poin di kualifikasi Eropa untuk Qatar 2022, mereka menyelesaikan kampanye dengan cara nyaris sempurna. Hanya Jerman yang mengumpulkan poin sebanyak Denmark. Harapan mereka untuk menjadi tim Eropa terkuat di kualifikasi masih utuh sampai hari pertandingan terakhir meskipun Skotlandia menambahkan cacat pada rekor sempurna mereka dengan mengalahkan Tim Dinamit 2-0. Namun, ini membawa kita ke ukuran berikutnya dari prospek menggembirakan Denmark untuk Piala Dunia. Dengan hanya kebobolan tiga gol di seluruh laga kualifikasi Eropa, pertahanan mereka termasuk yang terbaik. Hanya Swiss yang mengalahkan mereka dengan jumlah kebobolan dua gol, sementara Prancis dan Inggris memiliki jumlah yang sama, tiga.

1992

Tahun ini menandai peringatan 30 tahun satu-satunya gelar utama Denmark: EURO 1992. Bisakah Kasper Schmeichel dan rekan satu timnya meniru ayahnya, Peter dkk dan merebut trofi?

Denmark saat menjuarai Euro 1992 (FIFA)