Sama-Sama Cetak 91 Kemenangan, Ini Perbandingan Statistik Hamilton dan Schumacher
Lewis Hamilton (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Eifel di Sirkuit Nurburgring, Jerman, Minggu, 11 Oktober waktu setempat untuk menyamai rekor 91 kemenangan yang dibukukan Michael Schumacher.

Berikut statistik kedua pebalap seperti dilansir dari Antara:

Hamilton - Schumacher

Start grand prix 261 - 306

Pole position 96 - 68

Finis dengan poin 224 - 221

Finis podium 160 - 155

Kemenangan 91 - 91

Lap tercepat 51 - 77

Gelar juara dunia 6 - 7

Hamilton meraih kemenangan pertama grand prix di Kanada pada 2007 ketika membela McLaren, sedangkan Schumacher di Belgia pada 1992 bersama tim Benetton.

Kemenangan terakhir Schumacher diraih di China pada 2006 bersama Ferrari di balapan ke-246 pebalap Jerman itu.

Schumacher meraih 72 kemenangannya ketika membela Ferrari dan 19 ketika bersama Benetton.

Hamilton merebut 70 trofi juara Grand Prix bersama Mercedes sejauh ini, setelah 21 trofi lainnya ia dapatkan bersama McLaren.

Selepas balapan, Hamilton mengatakan menyamai rekor Schumacher adalah hal yang tak pernah dia bayangkan sebelumnya. Pebalap asal Britania itu kini mengincar gelar juara dunia ketujuhnya dan menjadi pebalap tersukses sepanjang masa setelah menjuarai Grand Prix Eifel di sirkuit Nurburgring, Jerman, dengan menyebut pencapaiannya itu akan perlu waktu lama untuk diresapi artinya.

Rekor Schumacher itu bertahan cukup lama, dan sejumlah pihak ragu itu bakal dipecahkan. Namun, Hamilton membuktikan itu bukan mustahil saat dia masih memiliki kesempatan meraih kemenangan ke-100 dan seterusnya bersama Mercedes.

"Saya tidak tahu apa artinya bagi pebalap lain ketika mereka meraih kemenangan ini, tetapi perlu beberapa waktu bagi Anda untuk menganalisisnya dan untuk memahami, untuk menyadari apa arti sebenarnya," kata pebalap berusia 35 tahun itu.

"Seperti kita semua, saya tumbuh melihat Michael memenangi semua grand prix itu dan saya tidak bisa membayangkan bisa menyamai dia.

"Saya rasa sampai di Formula 1 adalah langkah pertama dari mimpi itu dan tentunya menyamai (tiga gelar juara) Ayrton (Senna). Tapi Michael terlalu jauh.

"Saya tak pernah menyangka aku bisa sampai di sini hari ini menyamai dia dan saya merasa tersanjung saat ini dan kesempatan yang diberikan Mercedes saat saya berusia 13 tahun.

Berikut sepuluh besar pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Formula 1:

Schumacher 91

Hamilton 91

Sebastian Vettel 53

Alain Prost 51

Ayrton Senna 41

Fernando Alonso 32

Nigel Mansell 31

Jackie Stewart 27

Jim Clark 25

Niki Lauda 25