Tampil Kurang Maksimal di Argentina, Bastianini Diharapkan Bikin Bangga Indonesia di MotoGP Amerika
Enea Bastianini (Foto: MotoGP-Gresini Racing)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Gresini Racing MotoGP, Enea Bastianini tampil kurang maksimal di GP Argentina, Minggu waktu setempat dan hanya finis di posisi kesepuluh sehingga diharapkan bisa bikin bangga Indonesia pada balapan berikutnya di GP Amerika.

Dengan finis kesepuluh, Enea hanya mendapatkan enam poin sehingga posisi puncak klasemen selama dua seri yang ia pegang harus terlepas. Pebalap asal Italia itu saat ini berada di posisi tiga dengan 36 poin. Di atasnya ada Brad Binder dari KTM dengan 38 poin dan Aleix Espargaro dari Aprilia Racing dengan 45 poin.

Apa yang diraih oleh pebalap yang banyak mendapat dukungan dari brand Indonesia seperti Federal Oil dan Wonderful Indonesia adalah bukan tanpa alasan. Enea menilai kendaraannya kurang nyaman hingga kehilangan feeling.

"Kami kurang memahami balapan ini. Saya punya kecepatan, tapi sering tertahan. Andaikan balapan pekan ini berjalan seperti biasa, kemungkinan masih ada pilihan lain, tapi kenyataannya sangat berbeda. Kami banyak menemui masalah dengan bagian belakang motor. Setidaknya bisa mencetak beberapa poin, jadi kita harus berpikir positif dan bersiap untuk balapan di Texas.” kata Enea dikutip dari Antara, Senin.

Hasil kurang maksimal juga dialami rekan satu tim Enea, Fabio Di Giannantonio. Pebalap debutan MotoGP ini mengalami insiden di pengujung balapan. Beruntung tidak mengalami cedera dan hanya sakit di bagian perut.

“Hanya lecet saja dan terkena benturan di bagian perut tanpa ada kekhawatiran. Sebenarnya kami ingin hasil yang berbeda dan balapan berjalan normal, tapi kini harus tetap melakukan pengembangan diri.” katanya.

Sementara itu, Federal Oil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Hasril Arsyad selaku sponsor tetap mengapresiasi apa yang dilakukan tim Gresini Racing MotoGP. Pihaknya juga memahami kondisi di lapangan termasuk adanya keterlambatan logistik GP Argentina.

“Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio tentunya tak mengharapkan hasil buruk, tapi ini masih menjadi catatan di awal musim. Setidaknya Enea masih bisa menambah poin penting di klasemen. Beruntung Fabio tak mengalami cedera usai insiden,"

"Balapan berikutnya di MotoGP Amerika yang lintasannya sangat berbeda dan kami harapkan mereka bisa segera bangkit dan bikin bangga Indonesia,” kata Hasril Arsyad.

Sesuai dengan jadwal MotoGP Amerika akan digelar di Circuit of the America (COTA), 10 April. Enea dan Diggia diharapkan bisa menambah poin dan memperbaiki posisi di klasemen sementara. Saat ini Enea berada posisi tiga dengan 36 poin dan Diggia masih belum memetik poin.