Menang Atas Norwich, Tuchel Sempat Khawatir Polemik Abramovich Buyarkan Konsentrasi Chelsea
Thomas Tuchel (Twitter.com/@chelseafc)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel mengaku dirinya sempat merasa khawatir dengan kondisi tim yang berada di tengah polemik, tapi juga harus tetap tampil konsisten. Tuchel takut keadaan ini membuyarkan konsentrasi The Blues saat melawan Norwich tadi malam.

Kekhawatiran Tuchel itu muncul bersamaan dengan sanksi yang dijatuhkan Pemerintah Inggris kepada Roman Abramovich selaku pemilik klub pada Kamis, 10 Maret waktu setempat. Sanksi itu menyeret Chelsea ke dalam kekacauan dan masa depan yang sama sekali tidak pasti.

Padahal, di hari yang sama Chelsea juga telah dinanti jadwal tandang ke Stadion Carrow Road untuk melakoni laga lanjutan Liga Inggris. Beruntungnya, meski tim dalam polemik serius anak asuh Tuchel bisa bermain bagus dengan meraih kemenangan 3-1 atas Norwich.

Tuchel mengakui ini adalah waktu yang sulit dan membuat ia sempat ragu bagaimana para pemainnya akan menghadapi situasi di lapangan. tetapi ia kemudian mempercayai mereka untuk mendapatkan hasil yang mereka cari.

“Bohong jika saya mengatakan bahwa saya tidak ragu dan khawatir dengan tim tetapi saya juga memiliki banyak kepercayaan," kata Tuchel dikutip dari BBC.

"Dalam situasi sulit kami menghasilkan banyak hasil dan penampilan bagus sehingga kami bisa percaya pada mentalitas dan budaya kami di klub. Kami membiarkan diri kami untuk fokus pada sepak bola bukan masalah di luar sana,” tambahnya.

Lebih lanjut, pelatih asal Jerman itu berusaha tetap santai dan mengecilkan kekacauan di klub. Hal itu diungkap lewat pernyataan bahwa dia dan para pemainnya hanya akan fokus pada sepak bola bukan hal dan urusan lain di luarnya.

"Tidak sesulit yang mungkin dipikirkan beberapa orang. Kebisingan (masalah tim) ada di sana dan tentu saja itu adalah tingkat gangguan lain tetapi pertemuan (tim) tetap sama dan jadwal pertandingannya sama," jelas Tuchel.

"Tapi tentu saja topiknya ada di sana, pembicaraan sedang berlangsung, jadi ada gangguan tertentu. Tingkat dampaknya, pada waktunya kita tidak tahu seberapa besar imbasnya. Kita tidak bisa mempengaruhinya. Itu hal yang baik atau hal yang buruk. Itu fakta," tandasnya.

Kekhawatiran Tuchel itu nyatanya dibalas performa apik tim asuhannya lewat  gol yang dicetak Trevoh Chalobah, Mason Mount dan Kai Havertz. Tiga poin di markas Norwich ini kemudian membuat The Blues mengantongi 56 poin untuk memastikan tempat di urutan ketiga klasemen sementara Liga Inggris.