Kejuaraan Renang Dunia FINA Dimundur ke Juli 2023 Akibat COVID-19
Federasi Renang Internasional (FINA)

Bagikan:

JAKARTA – Kejuaraan renang dunia yang seharusnya berlangsung tahun ini,  resmi dinyatakan mundur. Kondisi pandemi COVID-19 saat ini menjadi pertimbangan keputusan tersebut.

Seharusnya ajang tersebut digelar pada 13-29 Mei mendatang di Fukuoka, Jepang. Namun, terpaksa dijadwalkan ulang 14-30 Juli tahun depan.

"Mempertimbangkan situasi pandemi dan protokol kesehatan yang berlaku di Jepang saat ini, FINA beserta Panitia Penyelenggara Fukuoka 2022 sepakat untuk menunda kejuaraan renang dunia FINA," kata Presiden FINA Husain Al-Musallam dikutip ANTARA dari Reuters.

Ini kedua kalinya pelaksanaan ajang tersebut harus dimundurkan. Semestinya kejuaraan ini sudah digelar 2021 lalu, tetapi ditangguhkan untuk memberi kesempatan bagi Jepang menggelar Olimpiade Tokyo.

Keputusan ini berdampak pada Kejuaraan Renang Dunia FINA ke-20 pada November 2023 di Doha, Qatar. Acara tersebut harus menggeser jadwal ke Januari tahun berikutnya.

"Keputusan ini diambil berdasar kepentingan bersama. FINA akan memprioritaskan keselamatan peserta kompetisi dan mengambil keputusan sedini mungkin berdasar situasi yang ada," kata Al-Musallam.

FINA akan terus berkomunikasi aktif dengan para atlet maupun pelatih terkait dampak varian Omicron COVID-19 terhadap kalender kompetisi akuatik internasional.

Induk renang itu akan segera mengumumkan kalender akuatik internasional 2022 yang diperbarui dalam waktu dekat. Selain itu, informasi lebih lanjut tentang Kejuaraan Dunia FINA ke-20 di Doha, Qatar, juga akan menyusul sesegera mungkin.