Arya Novanda Luncurkan <i>Soul-Less</i>, Lagu dengan Solo Gitar yang Direkam di Kamar Mandi
Arya Novanda (Dok. Arya Novanda)

Bagikan:

JAKARTA - Rocker muda Arya Novanda yang dijuluki ‘the next big thing’ menghadirkan lagu tungal (single) ketiga berjudul Soul-Less. Lagu yang dikemas dalam balutan aransemen funky dan soulful ini bercerita tentang bagaiamana menjaga kesehatan jiwa dan menumbuhkan rasa cinta.

Dengan kata lain, lagu ini juga tentang dunia saat ini yang menurut Arya “soul-less, sexy-less, funky-less, less love, dan less truth". kata dia, kualitas manusia era sekarang menurun drastis di banyak aspek penting.

Soul itu penting di hidup. Cuma sedikit orang yang peduli dan punya soul saat ini. Ini bukan soal akal,” tutur Arya, ini merupakan salah satu maksud kata-kata Arya di lagu Soul-Less.

Arya melanjutkan, manusia kebanyakan saat ini tidak 'sepenuhnya hidup' dan tidak mau mengenal dirinya. Jiwanya kosong, tidak diasah, tidak percaya sama diri sendiri, dan tidak bermakna. 

"Ini pengaruhnya sangat luas dan kuat untuk diri manusia. Mayoritas enggak sadar masalah ini, saya harus speak up untuk dunia yang lebih baik. Love is strong. Life is funky. Feed your soul. Be present. Don’t rush. Take your time. Get to know yourself. Music is all around you. L-I-V-E and make L-O-V-E,” tutur penggemar Jimi Hendrix.

Arya merekam solo blues gitar lagu Soul-Less di dalam kamar mandi untuk mendapatkan karakter sound gitar yang dia mau. Lagu ini di-mixing dan di-mastering di Soup Studios di London.

“Ini jelas bukan musik blues. Blues rock cuma salah satu elemen favorit saya. Selama saya hidup dan mendengar, warna warni dan berbagai musik masuk ke diri saya. Saya menggabungkan berbagai elemen yang saya cinta itu menjadi satu, menjadi musik dan bentuk saya. Menjadi authentic. Menjadi saya,” tutur Arya Novanda menjelaskan dirinya yang merasa di-stereotype-kan oleh orang-orang.