5 Efek Positif Mendengarkan Musik saat Bercinta dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan berdua (Pexels/Thiago Shlemper)

Bagikan:

JAKARTA – Setiap orang memiliki preferensi tentang musik. Termasuk memutar dan mendengarkan musik ketika bercinta dengan pasangan. Seorang psikolog sosial dan peneliti tentang seks, David W.Wahl, Ph.D., menerangkan bahwa ada manfaat positif tentang hal tersebut.

Mendengarkan musik saat bercinta bisa meningkatkan pengalaman seksual. Ditambah lagi, bisa meningkatkan keintiman, dan menginspirasi emosi yang berbeda.

Paling sering dilakukan, lepas dari pemahaman bahwa mendengarkan musik ketika berhubungan seks, untuk meredam suara desahan atau suara-suara lain pada aktivitas ranjang. Tetapi secara psikologis, ternyata ada sejumlah efek positif.

Seorang neuropsikolog, Dr Rhonda Freeman, mengatakan bahwa musik memiliki efek langsung pada kesenangan, ikatan, dan sistem limbik otak. Aliran dopamin dan manfaat berikut bisa didapat ketika bersama pasangan bermesraan diikuti musik mengalun.

1. Mengurangi hambatan

Saat bercinta tidak selalu dalam kondisi tenang dan rileks. Dengan sambil mendengarkan musik, ada perasaan spontan dan membebaskan. Dengan kata lain musik bisa membantu lepas dari hal-hal yang menghambat aktivitas seksual.

Bahkan karena pelepasan, pasangan bisa mengalami tingkat kenikmatan seksual yang lebih tinggi.

2. Terbuka pada hal-hal baru

Karena bisa lebih lepas dan bebas dari hambatan, Anda dan pasangan bisa jadi lebih spontan dan terbuka pada hal-hal baru yang bermanfaat meningkatkan pengalaman seksual.

Apa yang menjadi hambatan dalam aktivitas seksual? Stres, banyak pikiran, tubuh tegang, dan canggung bisa lebih teratasi ketika musik membantu membangun suasana romantis.

3. Musik bisa mengalihkan pikiran negatif

Pastinya perlu memilih musik yang diputar sesuai kesepakatan berdua. Hingga pada akhirnya, menurut Wahl, bisa mengalihkan pikiran negatif.

4. Lebih fokus

Terlepas dari gangguan apapun, musik bisa membantu seseorang lebih fokus. Ini berarti musik bisa diputar ketika berduaan sama pasangan.

5. Bisa meningkatkan keintiman

Menurut Wahl dilansir Psychology Today, Senin, 26 Juli, mendengarkan musik juga bisa mengikat perasaan lebih erat. Jika keintiman dimiliki maka kenikmatan seksual bisa didapat setiap pasangan.

Disamping lima efek positif tersebut di atas, irama musik juga bisa menginspirasi irama dalam gerakan serta posisi seks. Ini membantu apabila sebelumnya masih canggung. Bisa juga menjadi semakin eksploratif memainkan irama gerakan.