<i>Drive-In Concert</i>, Cara Baru Nikmati Panggung Musik di Tengah Pandemi COVID-19
Mads Langer (Instagram @madslanger)

Bagikan:

JAKARTA - Denmark dan Lithuania punya cara baru dalam memberikan kenikmatan kepada penggemar musik layaknya menonton konser tetapi dengan cara yang sehat. Mereka menyebutnya drive-in concert (konser drive in).

Penyanyi berdarah Denmark, Mads Langer membuat konser dengan konsep drive in di Tangkrogen di mana penggemar bisa menyaksikan penampilannya dari dalam mobil. Ia berhasil menjual 500 tiket untuk konser ini.

“Daripada berteriak ‘Tunjukkan tanganmu’ saya lebih merasa ‘Pindahkan wiper kaca dari kiri ke kanan,” Langer mengungkap momen menarik yang dialaminya. Dilansir dari LRT, Selasa, 5 Mei.

“Ini sesuatu yang tidak nyata. Anda tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya melihat ini semua dari panggung,” tutur Giedrė Kilčiauskienė, musisi Lithuania yang juga menggelar konser drive-in di negara asalnya.

Sebelumnya, konsep drive-in sudah diadopsi Korea Selatan untuk bioskop agar tetap bisa menayangkan sejumlah film di tengah pandemi. Hal ini ternyata menjadi inspirasi bagi industri lain untuk tetap merasakan keramaian namun tanpa kontak fisik dengan orang lain.

Kemungkinan untuk menggelar drive in concert bisa menjadi gaya baru para musisi untuk tetap merasakan konser seperti biasanya. Apalagi sebelumnya, dilansir dari Stereogum, ahli kesehatan memprediksi para penikmat musik tidak bisa menikmati konser untuk setahun ke depan. 

Zeke Emanual, onkologi di Center For American Progress menyatakan kemungkinan pertemuan yang melibatkan orang banyak tidak bisa kembali dalam waktu dekat. Dengan diterapkannya aturan physical distancing atau menjaga jarak fisik karena situasi ini, orang-orang akan berpikir dua kali jika hendak pergi ke tempat yang ramai termasuk arena konser.