Bagikan:

JAKARTA - Tak banyak band yang menyentuh usia karier sampai setengah abad. Namun Aerosmith berhasil melakukannya. Total mereka telah bermusik selama 54 tahun.

Tahun 2024 tampaknya akan menjadi akhir perjalanan band asal Boston, Massachussets ini. Steven Tyler dkk telah mengumumkan pensiun dari panggung tur, yang juga diartikan bubar oleh beberapa media dan fans.

Hadir di berbagai era, Aerosmith menggelontorkan ratusan lagu dalam 15 album, 72 single, 9 album live dan 16 album kompilasi. Dari 1970 hingga kini, mereka masih dikenal sebagai band dengan energi rock n roll yang tak surut.

Total empat piala Grammy dan berbagai penghargaan musik bergengsi lain yang telah diraih. Maret 2001 lalu, mereka juga telah dinobatkan masuk Rock n Roll Hall of Fame sebagai bukti influence mereka di kancah musik.

Steven Tyler punya suara dan gaya yang extraordinary. Namun musikalitas para personel juga layak dapat sorotan. Musik rock yang jadi landasan utama disusupi unsur-unsur blues, heavy metal dan pop yang sesuai porsi dan kebutuhan lagu.

Berikut beberapa hits terbaik Aerosmith dari masa ke masa, untuk merayakan 54 tahun karier sang band legenda.

Deretan lagu terbaik Aerosmith (Instagram @aerosmith)
Deretan lagu terbaik Aerosmith (Instagram @aerosmith)

Jaded

Lagu yang satu ini mungkin tak seganas lagu-lagu Aerosmith lainnya. Namun permainan Joe Perry dkk membuat Jaded jadi lagu yang disukai. Riff yang sederhana tapi berkesan, serta nadanya yang catchy jadi alasan lagu ini cukup populer bagi pendengar.

Janie's Got A Gun

Di album Pump terdapat lagu tentang kekerasan seksual berjudul Janie's Got A Gun. Lagu ini menandai comeback Aerosmith di era 80an dan sukses mendatangkan piala Grammy bagi Steven dkk.

Back in the Saddle

Lagi-lagi riff yang disuguhkan jadi identitas kuat lagu ini. Berjudul Back in the Saddle, trek ini mengukuhkan dominasi Aerosmith sebagai salah satu dewa musik rock. Lagu ini pun jadi salah satu jagoan di album keempat mereka, Rocks dengan performa cukup tinggi di chart.

I Don't Wanna Miss A Thing

Tembang ini tampaknya jadi yang paling populer di kalangan pendengar internasional. Lagu ini datang saat Aerosmith berada di fase sulit. I Don't Wanna Miss A Thing yang jadi soundtrack film Armageddon berhasil menerbangkan karier mereka kembali, bahkan semmakin tinggi.

Walk This Way

Datang dari album Toys in the Attic pada 1975, Walk This Way mungkin jadi salah satu tembang ikonis yang pernah ditulis Aerosmith. Lagu ini menanjak di chart musik berkat riff gitar dan rima liriknya yang berkesinambungan secara ajaib.

Dream On

Bukti jika musisi rock bisa membuat ballad paling sadis ada di lagu Dream On. Bahkan lagu ini masih jadi jargon andalan Aerosmith sampai kini. Lagu itu jadi alasan utama mereka bisa bermusik di usia yang tak lagi muda. Dream On, sebuah komposisi megah dan monumental bagi pecinta musik.