Bagikan:

JAKARTA - Kaset menjadi opsi lain bagi para pecinta musik. Bukan hanya piringan hitam, kaset telah menjadi incaran banyak orang dalam beberapa tahun belakangan.

Untung, pria berusia 54 tahun yang menjual kaset di Blok M menyebut album dari musisi dan band Indonesia tahun 1980an hingga awal tahun 2000an menjadi favorit para pembeli.

“Dewa 19, Utha Likumahuwa, Sheila On 7, Naif, Candra Darusman, January Christie, Chrisye, Fariz RM (sering habis terjual),” kata Untung di kiosnya pekan lalu.

Dua genre yang saat ini sedang banyak dicari adalah rock dan jazz. Pengunjung banyak yang mencari album dari musisi rock dan jazz Tanah Air.

“Dari indonesia, (yang banyak dicari) kalau band itu Dewa 19, Sheila On 7, terus band rock lainnya. Terus yang jazz, ada Utha Likumahuwa, January Christie, Fariz RM, Candra Darusman, itu sekarang lagi naik,” katanya.

“Kalau yang luar itu ada Radiohead dan Oasis,” sambungnya.

Kaset-kaset tersebut dijual dengan harga beragam, mulai dari Rp30 ribu hingga Rp400 ribu, bergantung pada beberapa faktor, seperti besarnya permintaan dan tingkat kelangkaan barang.

“Kalau ditempat saya, yang mahal Sheila On 7, ada yang Rp400 ribu,” ujar Untung. “(Karena) langka, banyak yang nyari,” imbuhnya.

Tidak hanya menjual, Untung juga mengaku membeli beberapa kaset dari pengunjung. Terdapat beberapa orang yang datang memang untuk menjual kaset.

Sementara soal pembeli yang hadir, disebutnya cukup beragam, mulai dari penikmat musik sampai kolektor kaset.