Rieka Roslan Tegaskan AKSI Tidak Tujukan Direct License untuk Pengamen dan Musisi Kafe
Rieka Roslan (Instagram @rieka.roslan)

Bagikan:

JAKARTA - Rieka Roslan mencoba menjelaskan direct license terkait pembayaran royalti lagu atau musik yang kerap ia gaungkan bersama beberapa penulis lagu yang tergabung dalam Asosiasi Komposer Seluruh Indonesia (AKSI).

Eks vokalis The Groove itu tidak ingin direct license yang dimaksud disalahartikan dan dianggap menjadi momok bagi pengamen dan musisi kafe yang notabene kerap membawakan lagu-lagu milik orang lain.

“Yang dinamakan direct license yang dimaksudkan teman-teman itu memang khusus untuk semua acara yang dibikin khusus, special event, dan untuk panggung-panggung yang memang dibuat ada tiketnya, ada sponsornya,” kata Rieka Roslan melalui akun Instagram miliknya, Senin, 8 Januari.

“Untuk teman-teman yang main di kafe atau restoran itu sistemnya adalah blanket system, yang memang akan dibayarkan per tahun oleh pemilik restoran, pemilik hotel, atau pemilik kafe (tempat mereka tampil). Hitungannya adalah per tahun,” sambungnya.

Rieka Roslan juga menjelaskan terkait direct license yang mana pengguna harus membayarkan royalti langsung kepada penulis lagu sebelum acara berlangsung. Dia menyoroti seluruh pihak yang sudah menerima bayaran sebelum atau saat acara berlangsung. Baginya, hak serupa juga harus didapat penulis lagu yang karyanya dibawakan.

“Kenapa menurut saya harus wajib duluan sebelum acara? Karena kemungkinan lupa, kemungkinan juga lari, banyak juga ya yang 'yaudah lah' karena nggak dicek, 'yaudah lah' karena nggak ada punishment, 'yaudah lah' karena ada juga yang nggak tahu,” katanya.

Sekali lagi, penyanyi asal Bandung itu kembali menegaskan dirinya tidak menyasar direct license kepada pengamen dan musisi kafe. Dia meminta agar mereka tidak takut dengan apa yang disuarakan AKSI selama ini.

“Jadi untuk teman-teman yang meributkan bahwa kasihan terhadap pengamen, yang main di kafe, kemudian yang main juga di restoran (untuk) mencari makan, kita tidak menyisir itu ya,” ucap Rieka Roslan.

“Mudah-mudahan penjelasan ini menenangkan semua, membuat semua tambah paham. Jadi, jangan lagi yang pintar-pintar ini ngomong kasihan pengamen, kasihan yang main di restoran atau kafe. Saya juga pengamen, saya juga nggak langsung seperti ini sebagai penyanyi. Jadi, apa yang akan AKSI keluarkan sebentar lagi sudah kita pikirkan,” tandasnya.