Bagikan:

JAKARTA - Grimes meminjamkan suaranya untuk mainan anak-anak AI terbaru yang dinamai 'Grok'.

Musisi Kanada bernama asli Claire Elise Bouche tersebut mengumumkan di X/Twitter bahwa ia bekerja sama dengan perusahaan rintisan Silicon Valley, Curio, untuk menciptakan Grok, mainan mewah yang dapat berbicara.

Saat ini harga mainan tersebut dibanderol 99 dolar AS di situs web Curio.

“Selama beberapa bulan terakhir saya bekerja dengan tim luar biasa di Curio untuk membuat mainan interaktif yang dapat berbicara dengan anak-anak tanpa layar, dll,” tulisnya.

“Hari ini kami meluncurkan program beta untuk Grok!”

Salah satu pendiri Curio, Misha Sallee, mengatakan, mainan tersebut dirancang dengan mempertimbangkan anak-anak Grimes, terutama anak tertuanya hasil hubungan dengan Elon Musk, X Æ A-Xii.

“Karena dia sudah cukup umur untuk dapat berbicara dengan mainan tersebut dan dapat membalasnya dengan lebih efektif,” ujar Sallee.

Selain menyuarakan mainan tersebut, Grimes juga merupakan investor di perusahaan tersebut. Dalam sebuah wawancara dengan para pendiri dan ahli teori AI, Roon, dia berkata: “Saya benar-benar merasa ini juga merupakan langkah pertama menuju pengurangan waktu layar sebanyak mungkin.”

Grok juga akan disertai dengan aplikasi untuk orang tua, yang tampaknya akan memberikan transkrip lengkap percakapan apa pun yang dilakukan anak dengan mainan tersebut.

Menurut salah satu pendiri lainnya, Sam Eaton, orang tua dapat melarang kata-kata tertentu atau menjadikan beberapa topik “terlarang”.

Namun, dia juga menekankan bahwa mainan tersebut tidak akan mengumpulkan atau menyimpan data suara, dan penyimpanan transkripnya akan mematuhi Undang-Undang Perlindungan Privasi Daring Anak.

Selain itu, orang tua dilaporkan dapat meminta agar transkrip tersebut dihapus.

“Saya pikir sangat penting untuk memberi tahu orang tua bahwa mereka memiliki kendali penuh atas transkrip tersebut dan kami tidak menyembunyikan apa pun,” kata Eaton.

Beberapa orang mungkin memperhatikan bahwa 'Grok' memiliki nama yang sama dengan chatbot AI milik Elon Musk. Namun, mainan Grimes tidak ada hubungannya dengan usaha Musk.

Menurut Washington Post, nama tersebut merupakan kependekan dari 'Grok'. Mainan mewah tersebut berbentuk roket, dan diciptakan karena paparan roket oleh anak-anak Grimes melalui kepemilikan Musk atas SpaceX.