Ungguli Negara Lain di Asia Tenggara, Indonesia Punya 2000 Lebih Band Metal
DeadSquad (Instagram @deadsquad.official)

Bagikan:

JAKARTA - Metalheads Tanah Air patut berbangga dengan capaian mereka. Berdasarkan data yang dirilis akun Instagram Seasia Stats pada Minggu, 10 Desember, Indonesia jadi penyumbang band metal terbanyak dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Dari 11 negara yang didata, Indonesia berada di posisi pertama dengan total 2.367 band metal. Kemudian, Malaysia ada di posisi kedua dengan total 724 band. Pada posisi ketiga, Filipina memiliki 383 band metal.

Menariknya, total band metal di Indonesia masih lebih banyak jika diadu dengan sepuluh negara lain yang digabungkan.

Adapun, total band metal dari sepuluh negara kecuali Indonesia adalah 1.786. Total tersebut masih kalah 581 dari total band metal di Tanah Air.

Berdasarkan studi yang dilakukan Gianluca Cellini dan dipublikasikan pada tahun 2017, disebutkan bahwa besarnya minat terhadap musik metal dikarenakan situasi di Indonesia memang cocok untuk musik keras itu.

Gianluca memberi contoh Kota Yogyakarta, yang terbilang kecil, namun mampu menggelar pertunjukan musik metal secara langsung setidaknya sekali dalam seminggu

Selain itu, musik metal di Indonesia juga menyatu dengan sangat baik dengan berbagai isu terkini dan budaya lokal yang sudah lebih dulu tumbuh di kalangan masyarakat. Sebut saja Voice of Baceprot, band asal Garut, Jawa Barat yang personelnya terdiri dari tiga wanita berhijab.