Penampilan Endah N Rhesa di Konser Kemanusiaan untuk Palestina Sebagai Bentuk Solidaritas Kemanusiaan
Endah N Rhesa tampil di Konser Kemanusiaan untuk Palestina (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Konser Kemanusiaan untuk Palestina seri kedua digelar di M Bloc Live House, Jakarta Selatan pada Selasa, 28 November malam.

Adapun, dua penampil yang hadir malam ini adalah Endah N Rhesa dan White Shoes & The Couples Company.

Pasangan Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya tampil pertama tepat pukul 20.00 WIB. Mereka membawakan lagu berjudul Living With Pirates sebagai repertoar pembuka.

Endah N Rhesa tampil menggebrak sejak awal. Solo gitar dan bass yang bergantian, disambut tepuk tangan ratusan penonton yang memadati M Bloc Live House.

Sesuai dengan judul lagu, Living With Pirates, Endah menyebut apa yang terjadi di Gaza saat ini seperti layaknya perampok.

“Memang apa yang terjadi di sana (Gaza) seperti pembajakan. Pencaplokan wilayah, orang-orang yang mengambil hak orang lain, seperti itulah yang terjadi pada kenyataannya,” ujar Endah.

“Dan kita semua di sini berkumpul untuk memberikan doa, untuk memberikan solidaritas dan empati kita terhadap orang-orang yang menderita di sana,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Endah juga bicara soal keadaan di Gaza, yang mana banyak korban sipil yang meregang nyawa, bahkan harus meninggalkan sanak saudaranya.

“Terbayang ketika kita lagi sulit. Dan misalnya kalau ngebayangin itu, itu lah situasi mencekam di daerah-daerah yang kritis,” kata Endah.

“Pasti ada kerinduan untuk bertemu orang-orang yang disayangi, tapi orang itu sudah nggak ada, atau entah di mana,” sambungnya.

Endah N Rhesa pun membawakan salah satu lagu terbaiknya yang berjudul Wish You Were Here, lagu dari album Look What We’ve Done yang dirilis tahun 2010 lalu.

“Lagu ini mungkin bisa mewakili perasaan kangen, sedih dan juga kehilangan. Inilah Wish You Were Here,” kata Endah.

Selanjutnya, Endah N Rhesa masih menampilkan beberapa lagu lain, seperti When You Love Someone dan Liburan Indie.

Setelah penampilan Endah N Rhesa, Konser Kemanusiaan untuk Palestina dilanjutkan oleh White Shoes & The Couples Company.

Sebelumnya, Konser Kemanusian untuk Palestina seri pertama pada 21 November menampilkan tiga penampil, yaitu Efek Rumah Kaca, David Bayu, dan Bin Idris. Kemudian, seri kedua pada 23 November menampilkan Sore dan Kelompok Penerbang Roket feat. Eka Annash.

Masih ada empat seri tersisa yang menampilkan Seringai, The Panturas, Danilla Riyadi, Kunto Aji, The Brandals, Lomba Sihir, Feast, The Adams, dan Mustache and Beard.

Sebagai informasi, konser ini menghadirkan 16 penampil yang semuanya bermain tanpa menerima bayaran. Sementara itu, hasil penjualan tiket akan ditampung via rekening bank M Bloc Foundation (Yayasan Radar Budaya Kreatif), dan selanjutnya akan disumbangkan sepenuhnya ke rekening bank Kedutaan Besar Palestina.

Berikut jadwal Konser Kemanusiaan untuk Palestina di M Bloc Live House:

Selasa, 21 November : Efek Rumah Kaca, David Bayu, Bin Idris.

Kamis, 23 November : SORE, Kelompok Penerbang Roket feat. Eka Annash.

Selasa, 28 November : White Shoes & The Couples Company, Endah N Rhesa

Jumat, 1 Desember : Seringai, The Panturas

Rabu, 6 Desember : Danilla, Kunto Aji, Mustache and Beard

Senin, 11 Desember : The Brandals, .Feast

Rabu, 13 Desember : Lomba Sihir, The Adams

Jumat, 15 Desember : Diskusi “Gaza Kini” & Pemutaran “Off Frame”