Bagikan:

JAKARTA - Tami Aulia dikenal sebagai salah satu penyanyi cover asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan empat juta subscriber di YouTube, ia sudah mengunggah lebih dari seribu video di kanalnya.

Pada awalnya, Tami Aulia mengaku tidak pernah berkomunikasi dengan pemegang lisensi maupun pencipta dari lagu yang di-cover. Namun, saat ini dirinya menjadi lebih berhati-hati.

“Sebelumnya jujur belum, tapi sekarang untuk lebih aware lagi. Dan takut juga menyalahgunakan karya orang lain,” kata Tami Aulia di Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 6 November.

“Jadi, semua lagu yang aku cover itu udah dapat izin dari publisher mereka. Jadi aku nggak sembarangan cover,” sambungnya.

Demikian pula ketika tampil secara langsung, Tami Aulia tidak ingin bermasalah dengan royalti lagu dari lagu-lagu yang dinyanyikan di atas panggung. Ia selalu menyerahkan daftar lagu yang dibawakan ke pihak penyelenggara.

“Dan untuk event pun aku menyerahkan list lagu aku dulu ke pihak penyelenggara, dan kalau mereka udah terima, baru aku bawain. Karena kan mereka yang nanggung (royalti),” ujarnya.

Lebih lanjut, Tami Aulia juga bicara harapannya sebagai penyanyi. Ia berharap bisa menyanyikan lagu-lagunya sendiri. Tidak hanya itu, Tami juga ingin masuk menjadi nominasi AMI Awards.

“Harapannya bisa masuk dalam nominasi AMI Awards, mendapatkan viewers yang lebih banyak, dan semoga bisa mengerjakan satu album,” pungkas Tami Aulia.