Kata Studi Baru, Taylor Swift Artis yang Paling Banyak Diterjemahkan di Dunia
Taylor Swift (Instagram @taylorswift)

Bagikan:

JAKARTA - Taylor Swift menjadi artis yang paling banyak diterjemahkan di dunia, menurut sebuah studi baru.

Hasil ini ditemukan sebagai bagian dari studi terbaru yang dilakukan oleh WordFinderX, yang menganalisis data 627.000 terjemahan dari 277.000 lagu dari lebih dari 11.700 artis musik.

Lagu-lagu tersebut diberi peringkat berdasarkan berapa kali lagu tersebut diterjemahkan dari bahasa aslinya, dan sang artis juga diberi peringkat berdasarkan berapa kali lagu mereka diterjemahkan.

Artis yang tidak berbahasa Inggris juga diberi peringkat secara terpisah.

Dari hasil tersebut, terlihat bahwa Taylor Swift menjadi artis yang paling banyak diterjemahkan secara global, di mana penggemar menerjemahkan 365 lagu Swift ke dalam 57 bahasa – setara dengan total hampir 5.000 terjemahan.

Bintang K-pop BTS berada di posisi kedua karena popularitas dan lirik Korea mereka, dan Lana Del Rey dan The Beatles masing-masing berada di posisi ketiga dan keempat.

Artis lain dalam daftar tersebut termasuk Céline Dion, Julio Inglesias, Shakira, dan One Direction. Demikian pula pada daftar yang tidak berbahasa Inggris, BTS berada di posisi teratas, disusul oleh band metal Jerman Rammstein, ​​Ana German dari Uzbekistan, dan artis Italia Laura Pausini.

Sementara itu, lagu yang paling banyak diterjemahkan di dunia adalah Ai Se Eu Te Pego dari Michel Teló. Direkam dalam bahasa Portugis, lagu ini dirilis pada tahun 2011 dan mencapai Nomor Satu di tangga lagu iTunes di Amerika Latin dan Eropa.

Di tempat lain, laporan menunjukkan bahwa Dino Merlin dari Bosnia sudah cukup lama beredar dan merekam 135 lagu yang dianggap layak untuk diterjemahkan. Lagu-lagu tersebut telah diterjemahkan ke dalam 37 bahasa, 986 kali, dan menyertakan lagu kebangsaan pertama Bosnia dan Herzegovina.