Persiapan Gelora Bung Karno H-9 Jelang Konser Coldplay
Coldplay (Instagram @coldplay)

Bagikan:

JAKARTA - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) telah dipersiapkan untuk menyambut konser Coldplay yang akan berlangsung Rabu, 15 November pekan depan.

Muhammad Trinugroho selaku Analisa Pelayanan SUGBK mengatakan, persiapan di dalam dan luar area stadion sudah dilakukan sejak pekan lalu.

“Yang di dalam, kita dalam rangka mempersiapkan tindakan pencegahan evakuasi. Semua ini tindakan pencegahan ya, artinya kalau memang tidak ada situasinya akan dibalikkan kembali,” kata Muhammad Trinugroho di Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 6 November.

Adapun, salah satu yang dipersiapkan adalah area di tribun selatan, yang mana tiga ribu kursi dicabut untuk jalur evakuasi.

“Tentunya yang merupakan kewajiban yang diminta oleh tim EO dan tim artis. Jadi, area tersebut jadi area tambahan evakuasi pengunjung jika terjadi sesuatu,” ujar Trinugroho.

“Kita juga punya grass cover yang baru kita beli dari UK. Akan kita mix (gunakan) untuk pembangunan panggung, ada juga untuk penutupan rumput biasa,” sambungnya.

Sementara itu, pada bagian luar stadion telah dimodifikasi jalur khusus yang menghubungkan SUGBK dengan Stadion Madya.

“Untuk sisi luar, kita ada modifikasi jalur terutama dari area Stadion Madya. Kita punya jalur tersendiri, ada trem dari paritnya Stadion Utama itu dibuka pagarnya beberapa untuk diberikan akses langsung ke lantai dua di Stadion Utama GBK,” tutur Trinugroho.

“Lalu persiapan kalau dari stadion itu, nantinya juga dalam seminggu ini penutupan rumput. Harinya akan menyusul,” imbuhnya.

Pengelola SUGBK juga sudah melakukan pengecekan fasilitas CCTV, lampu, dan fire alarm. Trinugroho memastikan venue sudah dipersiapkan dengan baik, sehingga bisa digunakan selama dua pekan nagi tim Coldplay untuk mempersiapkan semuanya.