Bagikan:

JAKARTA - The Rain merilis single terbaru berjudul Mengembara. Lagu ini merupakan kepingan pertama dari album kedelapan dari band asal Yogyakarta ini, yang rencananya akan dirilis di tahun 2024 mendatang.

Dirilisnya Mengembara juga terjadi dalam rangka menyambut 22 tahun perjalanan The Rain, yang mana para personel telah mempersiapkan beberapa materi lain yang sudah dibuat beberapa dalam bulan terakhir.

“Kali ini saya banyak menulis lagu di perjalanan. Menulis lagu di berbagai tempat dan suasana berbeda membantu memberi perspektif yang berbeda akan sebuah tema,” ujar Indra Prasta (vokal, gitar) dalam keterangannya, Selasa, 3 Oktober.

Awal proses penciptaan lagu Mengembara terbilang cukup unik. Saat itu, Indra tengah bermain gitar sambil bersenandung di rumahnya. Senandung tanpa lirik itu direkam di ponsel miliknya.

Sampai beberapa hari kemudian Indra bersama personel lain pergi ke luar kota. Di sana, Indra melanjutkan materi awal tersebut dengan menambahkan melodi dan lirik hingga selesai.

Bukan hanya proses penciptaan lagu yang dilakukan di beberapa tempat, proses rekaman juga dilakukan The Rain di luar kota.

Isian bass dari lagu Mengembara dikerjakan di sebuah kamar hotel di Surabaya, ketika The Rain sedang manggung di kota tersebut.

“Kebetulan saat itu kami harus berangkat sehari sebelumnya karena hal teknis, jadi ada waktu lowong,” kata Iwan Tanda (gitar, vokal) soal proses rekaman.

“Daripada mencocokkan waktu lagi sepulang tur, mending langsung digarap di perjalanan,” timpal Ipul Bahri (bass, vokal).

Adapun, lagu Mengembara berkisah tentang perjalanan hidup. Lagu ini punya lirik yang diharap bisa menguatkan, dan mengajak pendengarnya untuk mengingat kembali pahit manisnya sebuah kehidupan.

“Lagu ini tentang berserah, namun tanpa menghilangkan semangat untuk melangkah,” tandas Indra Prasta.