<i>Gokil</i>! Lebih dari 1 Juta Orang Hadiri Konser di London 
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih dari satu juta orang menghadiri setidaknya satu dari 22 konser yang diadakan di London minggu lalu.

Konser yang berlangsung di ibu kota Inggris pada minggu lalu itu termasuk dua pertunjukan Bruce Springsteen yang terjual habis di Hyde Park.

Juga konser dua malam Blur di Stadion Wembley, pertunjukan The 1975 yang terjual habis di Hyde Park serta penampilan festival Billy Joel dan Lana Del Rey.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Music Venue Trust dan City Hall, pertunjukan tersebut “meningkatkan” ekonomi London dengan perkiraan penjualan tiket sebesar 320 juta poundsterling.

Pengeluaran tambahan dikaitkan dengan pemesanan kamar hotel, makan di luar, serta perjalanan transportasi umum.

“Musik adalah perekat yang menyatukan London. Sungguh luar biasa melihat begitu banyak orang merayakan budaya luar biasa dari beragam musik yang merupakan bagian penting dari identitas Inggris modern kita,” kata Beverley Whitrick dari Music Venue Trust dikutip dari NME, Jumat.

Sementara itu, Walikota Sadiq Khan, yang menghadiri pertunjukan Springsteen pada Sabtu malam bersama istrinya Saadiya mengatakan musik menginspirasi dengan cara yang unik.

"(Musik) menyatukan orang-orang yang tidak dapat dilakukan oleh orang lain, dan memainkan peran penting dalam mendorong pemulihan ekonomi kita," kada Sadiq.

"Dari stadion kelas dunia kami hingga tempat akar rumput yang menggali bakat generasi berikutnya, London adalah pemimpin dunia yang tak terbantahkan dalam musik live, dan masih banyak lagi yang akan datang selama musim panas ini," dia melanjutkan.

Pertunjukan mendatang lainnya yang akan hadir di London bulan depan termasuk Stormzy, The Strokes, dan Haim yang menjadi penampil utama festival All Points East tahun ini di Victoria Park.

Ada juga The Weeknd, yang baru-baru ini tampil di hadapan lebih dari 100 ribu orang akhir pekan lalu di London Stadium, kembali ke London dengan pertunjukan yang hampir terjual habis di Stadion Wembley.