Ngeri, Motor Listrik WMC250EV Cari Dukungan untuk Pecahkan Rekor LSR
WMC250EV

Bagikan:

JAKARTA - Industri otomotif kian gencar melahirkan motor listrik inovatif. WMC250EV, motor listrik buatan White Motorcycle Concepts (WMC) asal Inggris, menjadi salah satu yang menarik perhatian.

Diperkenalkan pada pertengahan 2021, WMC250EV langsung mencuri perhatian karena desainnya yang tak biasa. Motor ini memiliki lubang besar memanjang di bodinya, yang disebut V-Duct.

Lalu untuk uji coba komputer dan terowongan angin (wind tunnel) menunjukkan keunggulan WMC250EV. Hambatan udara yang dihadapi motor ini 70 persen lebih rendah dibanding Suzuki Hayabusa. Rahasianya terletak pada V-Duct yang membuat aliran udara lebih efisien dan meningkatkan cengkeraman ban depan dikecepatan tinggi.

4

Belum Mencetak Rekor, WMC250EV Butuhkan Dukungan

5

Dilansir dari MCN, 20 Maret, meski sudah tampil di berbagai pameran dan menjajal tanjakan Goodwood Festival of Speed, WMC250EV belum memecahkan rekor land speed (LSR) yang diincarnya, yaitu rekor kecepatan darat absolut atau kecepatan tertinggi yang dicapai seseorang yang menggunakan kendaraan di darat.

Rekor tersebut saat ini dipegang Voxan Wattman, motor berbentuk peluru yang mencapai kecepatan 456 km/jam pada November 2021. Saat itu, Voxan Wattman dikendarai oleh Juara Dunia 6 kali, Max Biaggi.

WMC250EV sendiri baru diuji coba dengan kecepatan321 km/jam menggunakan powertrain sementara. Untuk memecahkan rekor, WMC250EV membutuhkan peningkatan performa. Rencananya, motor ini akan menggunakan high voltage (800-900 volt) dan menghasilkan tenaga hingga 250 kW (sekitar 330 dk).

Selain peningkatan daya, WMC250EV juga membutuhkan baterai khusus dari produsen baterai ternama. Baterai ini harus memiliki discharge rate tinggi agar dapat menyalurkan energi sebesar mungkin ke roda dengan tetap memperhatikan batasan berat.

Selain baterai, WMC juga membutuhkan dukungan riset & pengembangan (R&D) yang mumpuni. Tim data engineer yang berpengalaman sangat dibutuhkan untuk memastikan keamanan saat melakoni pengujian kecepatan tinggi.

WMC optimis WMC250EV dapat melampaui kecepatan 402 km/jam dan bersaing memperebutkan rekor dunia. Namun, mereka membutuhkan dukungan investor untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Tidak hanya untuk baterai, investasi tersebut juga dibutuhkan untuk mendukung riset & pengembangan yang akan memastikan keamanan dan memaksimalkan potensi motor ini.