Bagikan:

JAKARTA - Beragam motor listrik telah meluncur di Indonesia, bahkan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yakni Honda sudah menyiapkan model ev nya, untuk mendapatkan subsidi atau bantuan pemerintah.

Tentunya tak sedikit yang bertanya kapan Yamaha meluncur motor listrik di Tanah Air? Sebab sebelumnya sudah memperkenalkan motor listrik E01 dan Neo's.

"Saat ini masih dalam tahap riset dan studi untuk konsumen, di area Medan belum selesai dan rampung Februari tahun depan," kata Antonius Widiantoro selaku Asst. General Manager Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), saat ditemui di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 9 Desember.

Seperti diketahui sejauh ini memang Yamaha masih menjalankan proyek Proof of Concept (POC), untuk mengukur sejauh apa kesiapan motor listrik tersebut dipasarkan di Indonesia pada model E01.

Dalam proyek tersebut Yamaha menargetkan selama satu tahun dengan 4 ribu orang menjajal motor listriknya. Melalui studi tersebut, Yamaha mendapat data soal kisaran harga dan apa saja yang diharapkan konsumen.

"Kalau sampai saat ini Yamaha E01 mendapatkan respon yang cukup positif karena performanya, kemudahan charging, handling, dan ini akan menjadi bahan evaluasi kami," tambahnya.

Yamaha E01 memang memiliki kemudahan soal pengisian daya, dimana jenama asal Jepang ini menghadirkan tiga opsi pengisian daya yaitu Fast Charger, Normal Charger, dan juga Portable Charger.

"Kita pelajari konsumen menginginkan yang mana, dan akan buat bahan evaluasi ke depan," paparnya.

Ia juga enggan memberikan prediksi harga motor listrik dari Yamaha. Sebab unitnya juga masih terbatas dan belum dijual serta masih diproduksi langsung di Jepang.

"Balik lagi ini kan belum dijual, kita akan jadikan semua riset untuk bahan evaluasi, termasuk karakter konsumen," tutupnya.