Bagikan:

JAKARTA – Bagi para pecinta otomotif, nama Lamborghini Diablo adalah simbol kecepatan dan kemewahan. Namun, di antara varian Diablo yang pernah diproduksi, SE30 adalah yang paling istimewa. Pasalnya, ini adalah edisi terbatas yang hanya 150 unit yang diproduksi untuk memperingati ulang tahun ke-30 Lamborghini.

Satu dari unitnya kini akan dilelang RM Sotheby’s di Monterey, California pada 17 Agustus mendatang. 

8

Dirilis pada tahun 1993 untuk merayakan ulang tahun Lamborghini ke-30, Diablo SE30 merupakan versi yang lebih ekstrem dari model standar. Dengan bobot yang lebih ringan dan tenaga yang ditingkatkan menjadi 525 dk, SE30 menjelma menjadi mesin balap jalanan yang sesungguhnya. Tak heran, mobil yang dilengkapi mesin V-12 5,7 liter yang mampu mencapai akselerasi 0-96 km/jam dalam 3,9 detik.

Mobil yang akan dilelang ini memiliki keunikan tersendiri. Dilapisi dengan warna putih yang jarang ditemukan pada model SE30 yang umumnya berwarna ungu metalik, mobil ini juga dilengkapi dengan interior Alcantara berwarna abu-abu gelap yang memberikan kesan sporty dan mewah.

7

Untuk memastikan kondisi prima, mobil ini baru saja menjalani servis menyeluruh di Auto Kremer, Bonn, Jerman. Bahkan, Polo Storico, pusat warisan dan pelestarian Lamborghini, telah mengkonfirmasi bahwa mobil ini masih mempertahankan mesin, transmisi, dan diferensial belakang asli.

7

Dengan kondisi yang luar biasa dan keunikannya, Lamborghini Diablo SE30 ini menjadi incaran para kolektor sejati. 

Untuk harganya, dilansir dari laman RM Sotheby's 29 Juli diharapkan dapat terjual di kisaran 650 ribu-850 ribu dolar AS atau setara Rp10,5 miliar-Rp13,8 miliar.