Fiat Tatap Masa Depan Mobilitas Berkelanjutan dengan Hadirkan Konsep Panda
Panda, mobil konsep dari Fiat. (Dok. Stellantis)

Bagikan:

JAKARTA - Fiat, pabrikan otomotif Italia yang tergabung dalam grup Stellantis baru saja mengungkap konsep mobil masa depannya yang terinspirasi dari Panda, konsep ini jadi  platform global tunggal dari semua model yang akan dirilis.

Produk pertama dari konsep ini akan diluncurkan pada bulan Juli mendatang, diikuti oleh peluncuran kendaraan baru setiap tahun hingga 2027. 

Rangkaian model baru ini dirancang untuk menaklukkan jalanan di seluruh dunia dan melengkapi jajaran produk Fiat. Nah, berkat bergabung dengan Stellantis, Fiat memiliki akses ke platform global baru, di mana mereka dapat menambahkan sentuhan kreativitas khas Italia: resep yang menggabungkan keindahan dan solusi sederhana.

5

Kampanye global baru ini diumumkan melalui video yang menampilkan Olivier Francois, CEO FIAT dan Chief Marketing Officer (CMO) Global Stellantis. 

Video tersebut menampilkan peluncuran mendatang dengan menggunakan Panda yang ceria: model yang telah memainkan peran besar dalam cara merasakan dunia otomotif selama lebih dari 40 tahun. Simbol kreativitas Italia ini menjadi inspirasi bagi keluarga konsep baru ini.

“FIAT adalah merek global dengan 1,3 juta mobil terjual tahun lalu dan kepemimpinan yang kuat di banyak belahan dunia. Kami berada dalam permainan global dan langkah selanjutnya adalah beralih dari produk lokal ke penawaran global yang dapat bermanfaat bagi semua pelanggan kami di mana pun di dunia.” ujar Olivier Francois, dalam rilis perusahaan yang dikutip 27 Februari.

Ia menambahkan mobil masa depan pertama perusahaan akan dipresentasikan 4 bulan lagi.

“Mobilnya sekaligus menandai perayaan ulang tahun ke-125 merek. Mobil ini kemudian akan diikuti oleh 1 model baru setiap tahun,” tambahnya.

Setiap mobil baru yang akan dirilis disebut akan berbagi filosofi yang sama juga teknologi yang sama dan platform global tunggal tempat model baru memungkinkan model tersebut dapat diproduksi di mana saja di dunia dan menjangkau pelanggan di mana pun. 

Untuk pengembangannya, Fiat akan mengambil semua platform yang ada atau multi-energi dengan semua jenis powertrain (listrik, hybrid, dan mesin pembakaran internal). Lebih lanjut, keluarga model baru ini akan menampilkan penggunaan ruang yang efisien bersama dengan bahan-bahan yang berkelanjutan. Setiap model baru akan menjadi interpretasi unik dan orisinal dari semangat inklusif, mudah diakses, dan memungkinkan merek untuk menciptakan kendaraan dengan interior modular, tampilan unik, dan kepribadian yang berani.

FIAT mengambil tantangan untuk memproduksi mobil yang lebih berkelanjutan dan terjangkau dengan pendekatan "less is more", yaitu menghilangkan bagian yang tidak perlu dan mengurangi bahan yang mencemari seperti krom, paduan, kulit, dan busa pada kursi. 

City Car

5

Konsep pertama dalam video adalah City Car yang baru. Lebih besar dari Panda saat ini, yang bisa dibilang sebagai "Mega-Panda", desainnya juga terinspirasi dari tempat kelahiran merek: gedung Lingotto yang ikonik di Turin dengan trek uji atap yang terkenal. 

Desainer Fiat disebut terinspirasi oleh beberapa fitur khusus Lingotto saat menciptakan bahasa desain baru yang ringan, optimalisasi ruang, dan dipenuhi warna-warna cerah. Sementara itu, bentuk oval trek "La Pista 500" di atap meninggalkan jejaknya pada beberapa aspek interior model baru dari dashboard hingga tampilan dan kursi.

Selain itu, FIAT memberikan penekanan khusus pada penggunaan bahan-bahan berkelanjutan, termasuk plastik daur ulang dan kain bambu. Merek ini juga bertujuan untuk menghilangkan beberapa hambatan menuju mobilitas yang lebih berkelanjutan, termasuk membuat proses pengisian dan pelepasan daya lebih mudah dengan "kabel yang menggulung sendiri".

Posisi mengemudi yang tinggi dan desain yang kokoh menjadikan city car ini sebagai teman yang sempurna bagi pelanggan di seluruh dunia, khususnya di lingkungan perkotaan yang padat. Namun, pada saat yang sama, mobil ini menawarkan kelapangan dan keserbagunaan untuk perjalanan akhir pekan dan liburan keluarga.

Pikap

4

Konsep kedua yang muncul dalam video adalah mobil pikap dengan desain menarik. Diketahui, Fiat adalah pemimpin pasar di Amerika Selatan dan pkap Strada adalah kendaraan terlaris di pasar Brasil. 

Ke depan, FIAT yakin kendaraan jenis ini bisa meniru kesuksesannya di tingkat global, bahkan di Eropa. Konsep pikap baru FIAT benar-benar menghadirkan kesenangan dalam fungsionalitas dan merespons apa yang diinginkan pelanggan.

Kendaraan ini memadukan konsep pikap dengan fungsionalitas dan kenyamanan pikap ala SUV dalam ukuran yang sesuai dengan lingkungan perkotaan di seluruh dunia.