Baru Tayang, Scoob! Raih Posisi Tinggi di VOD
Film Scoob! (foto: Warner Bros)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah Trolls World Tour menerima keuntungan pasca dirilis lewat digital, keberuntungan yang sama juga berpihak pada Scoob!. Setelah dirilis pada 15 Mei, Scoob! langsung menempati peringkat pertama unduhan di iTunes dan Amazon Prime.

Namun, pandemi COVID-19 membuat rumah produksi berpikir keras dalam merilis film-film produksi mereka. Kebanyakan masih bergantung pada bioskop. Apalagi, pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengatakan bioskop adalah usaha pertama yang akan dibuka.

Langkah ini diambil karena bioskop adalah salah satu usaha yang mendatangkan keuntungan, karena dinilai murah dan hiburan yang ekonomis. Dengan begitu, rumah produksi akan menunggu keputusan Trump yang dinilai mencerahkan dunia perfilman.

Tapi, beberapa rumah produksi memilih merilis film secara digital karena harus memikirkan strategi agar tetap untung di tengah situasi seperti ini. Universal Pictures memilih jalur aman dengan melepas Trolls World Tour yang meraih penghasilan setara penayangan satu bulan di bioskop.

Pemilihan digital sebagai tempat berlabuhnya film ini tidak sepenuhnya dilihat sebagai solusi yang bagus. AMC, jaringan bioskop terbesar di Amerika Serikat mengancam tidak akan menayangkan film-film Universal Pictures karena rumah produksi ini memilih merilis Trolls World Tour di digital dibandingkan menunggu bioskop kembali normal.

Sementara Warner Bros merilis film animasi Scoob! yang tersedia untuk disewa seharga 19 dolar dan download seharga 24 dolar. Melihat dari kedua rumah produksi yang melepas Scoob! dan Trolls World Tour, mereka memilih untuk merilis film keluarga yang dapat ditonton seluruh kalangan. Sayangnya kepopuleran Scoob! tidak mendapat respon yang cukup positif dari kritikus karena dinilai gagal membuat kartun legenda ini menjadi tontonan yang menarik.

Sonic the Hedgedog yang dilepas ke digital juga menempati urutan nomor 5 pada hari pertama sebelum peringkat pertama.

Scoob! adalah film animasi pertama Scooby Doo mengisahkan Blue Falcon (Mark Wahlberg) merekrut Shaggy (Will Forte) dan Scooby (Frank Welker) untuk menggagalkan Dick Dastardly (Jason Isaacs) dari sebuah dogpocalypse. Shaggy dan Scooby pun mengajak geng Scooby lainnya yaitu Freddie, Daphne, Velma untuk menuntaskan masalah ini.

Scoob! diisi oleh Will Forte, Mark Wahlberg, Jason Isaacs, Gina Rodriguez, Zac Efron, Amanda Seyfried, Kiersey Clemons, Ken Jeong, Tracy Morgan, dan Frank Welker. Di antara sejumlah nama, hanya Welker yang pemain lama sementara sisanya diisi oleh aktor dan aktris baru.

Scoob! bisa disaksikan secara digital melalui layanan digital seperti Amazon Prime dan iTunes sejak Jumat, 15 Mei.