Daftar Film Samurai Terbaik Buatan Jepang dan Hollywood
Seven Samurai (YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Samurai punya sejarah yang panjang dan pengaruh yang besar bagi negara Jepang. Tak heran jika kisah mereka kerap diangkat dalam film, manga, dan anime. Dari sekian banyak film, ada beberapa yang dinilai sebagai film samurai terbaik.  

Film-film tersebut sebagian besar dibuat sebelum tahun 2000-an sehingga gambarnya tak sebagus film zaman sekarang. Meski begitu, kisah dan penceritaannya membuat film samurai tersebut layak diacungi jempol. Beberapa film bahkan telah diakui dunia internasional.

Bagi pecinta jejepangan, beberapa film samurai terbaik berikut harus ditonton. Film tak hanya menyuguhkan aksi berdarah, tetapi juga budaya, drama, dan sejarah Jepang.

Daftar film samurai terbaik  

1.    Seven Samurai

Film garapan Akira Kurosawa ini dirilis pada 1954. Seven Samurai bahkan dianggap sebagai salah satu film Jepang terbaik sepanjang masa.

Sejumlah kritikus film internasional telah mengakui kualitas film samurai ini. Mereka menilai film jadul ini punya inovasi yang berpengaruh terhadap film-film aksi setelahnya.

Film Seven Samurai menceritakan kisah perjuangan enam orang ronin (samurai tak bertuan) plus seorang laki-laki muda yang kikuk, tetapi cerdas. Mereka berusaha menyelamatkan sebuah desa dari serangan bandit-bandit yang akan merampok hasil panen warganya.

Seven Samurai dikemas dalam format hitam putih, tetapi kualitasnya tak bisa dianggap remeh. Film berdurai 160 menit ini pernah dinominasikan dalam Academy Award tahun 1957. Film samurai terbaik ini menjadi salah inspirasi film yang didiril pada 2016 berjudul The Magnificent Seven.

2.    Harakiri

Film bergende aksi, drama, dan sejarah ini dirilis pada 1962. Sutradaranya adalah Masaki Kobayashi. Film Harakiri mengangkat kisah perjuangan samurai bernama Tsugumo Hanshiro dalam mengungkap kematian menantunya yang diketahui melakukan harakiri atau bunuh diri.

Salah satu film samurai terbaik ini dibuat ulang dan rilis pada tahun 2011 dengan judul Hara-Kiri: Death of A Samurai. Film ini juga memiliki format hitam putih, tetapi sinematografinya membuat penonton berdecak kagum.

3.    The Twilight Samurai

Masuk ke tahun 2000-an, ada film The Twilligth Samurai. Film samurai terbaik Jepang ini rilis pada 2002 dengan genre drama. Berlatar abad 19 sebelum Restorasi Meji, film garapan Yoji Yamada ini dikemas dengan gambar yang sudah berwarna.

The Twilligth Samurai meceritakan kehidupan Iguchi Seibei yang dipenuhi dengan kesedihan, salah satunya adalah kematian sang istri. Ia adalah seorang samurai, tetapi penampilannya tak menunjukkan hal tersebut.

4.    13 Assassins

Film ini menceritakan kehidupan seorang samurai yang mengumpulkan kelompok elite samurai. Hal tersebut dilakukan untuk melawan adik raja (bernama Naritsugu) yang kejam dan mengancam perdamaian.

Dikisahkan, kekejaman Naritsugu antara lain menyiksa, memerkosa, dan membunuh rakyatnya. Film berlatar masa pemerintahan Shogun Tokugawa Ieyoshi ini menampilkan 13 samurai yang punya kekuatan lebih dan punya karakter masing-masing.

Kemampuan akting para pemeran membuat film ini dinilai sebagai salah satu film samurai terbaik di Jepang. Pada 2011, 13 Assassins meraih penghargaan Sinematograsi Terbaik dalam ajang The Japanese Academu Award.

5.    Rurouni Kenshin

Film yang satu ini live action dari manga dan anime karya Nobuhiro Watsuki yang sudah hadir bertahun-tahun sebelumnya. Rurouni Kenshin pertama kali dirilis pada 2012, tetapi manganya terbit pada 1994, sedangkan animenya mulai tayang pada 1998.

Film garapan Keishi Ohtomo ini menceritakan kisah seorang samurai yang dikenal sebagai pembunuh bayaran paling ditakuti di Jepang. Orang tersebut dikenal sebagai Battosai.

Setelah terlibat dalam pertempuran Toba-Fushimi, ia memutuskan untuk berhenti menjadi pembunuh bayaran. Ia kemudian mengisi kehidupannya dengan menjadi pengembara. Akan tetapi, berbagai persoalan datang menghampiri sehingga ia kembali mencabut pendangnya.

Film samurai ini terbilang sukses. Beberapa tahun berselang, sang sutradara menggarap dua sekuelnya sekaligus, yaitu Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno dan Rurouni Kenshin: The Legend Ends.

2 Rurouni Kenshin (Antaranews)

Film samurai terbaik kisah nyata

Film ini tak digarap oleh Jepang, melainkan Hollywood atau Amerika Serikat, tepatnya oleh Universal Pictures. Meski begitu, film 47 Ronin ternyata mengangkat kisah nyata yang ada di Jepang pada zaman dahulu.

Aktor utama dalam film semurai terbaik ini adalah aktor Hollywood yang sangat terkenal, Keanu Reeves. Digarap oleh Carl Rinsch, dilm ini pertama kali tayang pada 2013.

Film 47 Ronin menceritakan kisah nyata dari sekelompok ronin atau samurai tak bertuan. Latarnya waktunya adalah abad ke-18. Para ronin ini bersatu untuk membalas kematian tuan mereka demi merebut kehormatannya.

Jumlah ronin yang menyatukan hati dan kekuatan itu berjumlah 47 orang. Berbagai konflik dan pertempuran terjadi hingga akhirnya mereka berhasil membalaskan dendam sang mantan majikan. Meski begitu, mereka tetap ditangkap dan diharuskan melakukan harakiri atau bunuh diri.

Meski film samurai ini dibuat oleh Hollywood, ada banyak aktor asal Jepang yang dilibatkan dalam pembuatannya. Beberapa aktor tersebut, antara lain Hiroyuki Sanada, Ko Shibasaki, Tadanobu Asano, dan Rinko Kikuchi.

Selain film samurai terbaik, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!