Bagikan:

JAKARTA - Apel merupakan salah satu buah yang harus disimpan dengan tepat agar tahan lama dan kesegarannya tetap terjaga. Cara menyimpan apel utuh dengan apel yang sudah dipotong juga berbeda.

Mengutip laman The Sun, pada Senin, 28 Oktober 2024, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat menyimpan apel di rumah agar tetap segar. Pertama, penting untuk memeriksa kondisi apel dengan teliti sebelum membelinya, memastikan ada kerusakan atau tidak.

Perhatikan juga tangkai buah apel yang hilang atau patah, karena bisa menjadi pemicu apel cepat membusuk. Apel yang utuh disarankan disimpan dengan membungkusnya menggunakan kertas koran.

Kertas koran dinilai bahan pembungkus apel yang tepat, karena permukaannya kering. Hal ini membuat apel mengalami kelembapan yang bisa menyebabkan busuk lebih cepat.

Selain kertas koran, Anda dapat menggunakan wadah dari keramik atau tembikar. Dua wadah tersebut memungkinkan udara mengalir dengan mudah, sehingga memperlambat pertumbuhan jamur.

Untuk menyimpan apel yang sudah dipotong harus lebih hati-hati, karena masa simpannya akan lebih pendek dibanding dengan apel utuh. Supaya apel yang sudah dipotong tetap segar dan tidak berubah warna saat disimpan, Anda dapat menyimpannya dengan tambahan air perasan lemon.

Meski disimpan secara bersamaan dalam satu wadah, air perasan lemon tidak akan mengubah keseluruhan rasa apel. Hal tersebut terjadi karena air perasan lemon hanya menambahkan sedikit rasa asam saja.

Air perasan lemon yang dituang ke potongan apel juga dapat mencegah proses oksidasi dan mencegah apel jadi berwarna kecokelatan. Disarankan untuk menyimpan potongan apel dalam wadah kedap udara bersama air perasan lemon, lalu dimasukkan ke dalam kulkas.