Bagikan:

YOGYAKARTA – Alis bisa tumbuh kembali, tetapi membutuhkan berapa lama setelah dicukur atau tercerabut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kenali faktor yang mempengaruhi alis tumbuh kembali.

Alis menipis selain karena dicukur untuk dirapikan, juga bisa karena rontok atau tercerabut. Bagi orang yang menjalani kemoterapi, mungkin juga mengalami kerontokan rambut, termasuk alis. Selain itu, kerontokan alis juga bisa disebabkan terlalu sering mencabut alis, baik dengan waxing atau dikerok. Genetikan dan faktor kesehatan juga mempengaruhi kerontokan alis. Bagi penderita infeksi, gangguan kulit, gangguan autoimun, penyakit tiroid, juga bisa menyebabkan rambut alis rontok. Jelas dokter kulit bersertifikat Brendan Camp, eksim dan psoriasis juga menyebabkan kurangnya folikel rambut di alis. Ditambah lagi, penuaan juga membuat rambut alis mengalami kerontokan.

berapa lama alis tumbuh kembali setelah dicukur
Ilustrasi penjelasan pakar tentang berapa lama alis tumbuh kembali setelah dicukur (Freepik)

Untungnya, alis bisa tumbuh kembali. Namun tergantung penyebab kenapa alis rontok. Jelas Camp, kerontokan alis akibat alopecia areata, seringnya dapat berhasil tumbuh kembali setelah perawatan di klinik.

Ahli rambut atau trikologi Gretchen Friese mengatakan, umumnya alis membutuhkan waktu sekitar empat hingga delapan minggu pasca pencabutan untuk tumbuh rambut baru. Kalau siklusnya, membutuhkan waktu tiga hingga empat bulan. Pertumbuhan alis melalui tiga fase, antara lain berikut ini:

  1. Fase anagen atau fase pertumbuhan, adalah fase pertama pertumbuhan alis. Fase ini dapat berlangsung selama 30-45 hari.
  2. Fase catagen atau transisi, ketika folikel bergerak mendekati kulit dan mulai menyusut sebelum mencapai tahap ketiga dan terakhir. Fase ini berlangsung selama dua hingga tiga minggu.
  3. Fase telogen atau istirahat/rontok, siklus ini tidak bisa dihindari karena berjalan secara alamiah. Alis yang tumbuh akan rontok dan helai baru akan terus tumbuh yang berarti memulai fase baru lagi yang berlangsung selama empat hingga delapan minggu.

Meski melalui fase-fase di atas, kalau alis hanya dicukur dan tidak dicabut, proses tumbuh kembali tidak memakan waktu lama. Tetapi menurut Friese dilansir Byrdie, banyak faktor yang dapat menghambat pertumbuhan rambut alis. Seperti karena stres, perubahan hormon, masalah tiroid, alopecia, kebiasaan gaya hidup, polusi lingkungan, trikotilomania, dan karena sering dicukur.

Nah, cara mempercepat pertumbuhan alis, bisa dengan berbagai langkah. Untuk cara alami, bisa memanfaatkan minyak jarak yang dioleskan di alis dan gel lidah buaya. Selain itu, bisa memakai minyak zaitun, minyak kelapa, atau bahan alami lainnya yang mengandung vitamin E.