Bagikan:

JAKARTA - Widiyanti Putri Wardhana resmi mengemban tugas sebagai Menteri Pariwisata periode 2024-2029. Serah terima tugas menteri dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024.

Menpar Widiyanti Wardhana dalam sambutannya, menegaskan dirinya berkomitmen melanjutkan momentum pengembangan pariwisata Indonesia. Saat ini Indonesia menempati peringkat 22 dari 119 negara dalam indeks TTDI 2024.

"Saya berkomitmen melanjutkan momentum ini, agar sektor pariwisata terus berkembang. Ke depannya terdapat tantangan dalam penguatan potensi pariwisata (Indonesia)," kata Menpar Widiyanti.

Menpar Widiyanti kemudian mengungkapkan program kerja prioritas yang akan dilakukan dalam enam bulan ke depan. Keempat program tersebut yakni hearing aspirasi transformasi pariwisata dengan pihak-pihak terkait; Tourism 5.0 seperti pemasaran Calendar of Events berbasis digital dan AI travel assistance; serta perumusan grand strategy penggunaan Indonesia Quality Tourism Fund untuk diversifikasi atraksi nusantara dan acara berskala internasional.

Selain itu merancang kerja sama dengan instansi kelas dunia untuk transfer of knowledge guna mewujudkan sekolah unggulan pariwisata kelas dunia.

Menteri Widiyanti menyampaikan, pemisahan pariwisata dan ekonomi kreatif tetap memberikan peluang untuk sinergi dan kolaborasi berkesinambungan yang erat antara dua kementerian ini.

Menpar Widiyanti pun mengajak Kementerian Ekonomi Kreatif untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata.

“Pak Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya, mari kita bekerja sama untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif karena kedua sektor ini memiliki tujuan bersama untuk mengangkat potensi keindahan alam, kekayaan seni dan budaya, serta industri kreatif yang kita miliki untuk mencapai target pemerintah 5 tahun ke depan,” kata Widiyanti yang berpengalaman selama 30 tahun sebagai pebisnis profesional dan investor ini.

Perempuan yang juga menjadi Ketua Yayasan Teladan Utama ini optimistis dengan pondasi yang sudah kuat dan langkah-langkah strategis yang jelas, akan mampu mengakselerasi pertumbuhan sektor pariwisata dan menjadikannya sebagai motor penggerak ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan mendunia.

“Kita pasti bisa karena Indonesia adalah ‘Paradise on Earth’. Di akhir kata, semoga kehadiran saya di Kementerian ini dapat diterima dengan tangan terbuka, bersama-sama kita jalankan transformasi sektor pariwisata secara konvensional, transparan, dan berintegritas,” kata Menpar Widiyanti.