Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, bersama sang istri, Selvi Ananda, tiba di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Minggu pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

Gibran tiba dengan mobil pribadinya yang berpelat nomor AD dan langsung melangkah masuk ke dalam gedung. Untuk prosesi pengambilan sumpah jabatan yang dijadwalkan dimulai pukul 10.00 WIB, Gibran tampak mengenakan setelan jas lengkap dengan kain melilit di bagian pinggang, menyerupai pakaian adat Betawi.

Di sisi lain, Selvi Ananda tampil anggun dalam kebaya brokat merah cerah, mendampingi sang suami untuk pelantikannya sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Sejak pukul 07.00 WIB, tamu-tamu undangan mulai berdatangan ke lobi Gedung Nusantara dan Nusantara III. Beberapa tokoh yang sudah terlihat hadir di antaranya adalah pimpinan MPR, DPR, dan DPD, mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla (Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI), Titiek Soeharto, kandidat Pilpres 2024 Anies Baswedan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat.

Pada pukul 10.00 WIB, Gibran Rakabuming bersama Prabowo Subianto akan mengucapkan sumpah jabatan dalam Sidang Paripurna MPR RI sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Prosesi ini disaksikan langsung oleh 732 anggota MPR RI dan dihadiri oleh berbagai tokoh nasional, pimpinan partai politik, serta perwakilan dari negara-negara sahabat.

Acara pelantikan Prabowo Gibran itu juga dijadwalkan dihadiri sekitar 20 pejabat setingkat kepala negara dan 18 pejabat setingkat menteri. Beberapa negara yang telah mengirimkan delegasinya adalah Jerman, Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, Papua Nugini, Rusia, Laos, Vietnam, Vanuatu, Brunei Darussalam, Timor Leste, Serbia, dan China.

Selain itu, sejumlah negara lainnya seperti Kamboja, Selandia Baru, Solomon, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Mesir, Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, India, Yordania, Jepang, Italia, Kanada, Prancis, Brasil, dan Fiji juga turut mengirimkan wakil untuk menghadiri momen penting ini.