Bagikan:

JAKARTA - Orang yang mengalami gangguan lambung, pemilihan jenis kopi menjadi hal penting karena beberapa jenis kopi dapat memicu atau memperparah gejala seperti maag atau asam lambung.

Kopi dengan kadar keasaman lebih rendah, seperti kopi Arabika, dianggap lebih aman bagi lambung. Hal ini diungkapkan oleh Arie Nugroho, seorang Pelatih Barista dari PT Langgeng Makmur Kencana (LMK).

“Saya selalu menyarankan mereka yang memiliki masalah lambung untuk memilih kopi Arabika. Ini karena kopi Arabika lebih bersahabat bagi perut dan memiliki kadar kafein yang lebih rendah,” jelas Arie seperti dikutip Antara.

Kopi Arabika lebih ramah lambung

Kopi Arabika diketahui lebih mudah diterima oleh penderita gangguan lambung karena sifat keasamannya lebih ringan dibanding kopi Robusta. Salah satu zat utama dalam kopi ini adalah asam klorogenat, yang berfungsi lebih lembut sehingga mampu meminimalkan iritasi pada dinding lambung.

Selain itu, menurut Arie yang telah berkecimpung di dunia kopi selama lebih dari dua dekade, teknik pengolahan dan pemanggangan biji Arabika yang lebih halus turut berperan dalam menciptakan rasa yang lebih seimbang dan tidak terlalu pahit.

“Arabika memiliki cita rasa yang lebih ringan dan kadar kafeinnya lebih rendah. Ini membuatnya lebih cocok bagi orang yang sensitif terhadap kafein atau asam, sehingga bisa dinikmati tanpa menyebabkan rasa tidak nyaman di lambung,” jelas Arie.

Robusta bisa jadi pilihan bagi yang sudah terbiasa minum kopi

Bagi mereka yang sudah terbiasa minum kopi dan ingin mencoba varian dengan karakter lebih kuat, kopi Robusta bisa menjadi pilihan. Namun, Arie menekankan kandungan kafein pada kopi orbusta lebih tinggi, sehingga reaksinya bisa langsung terasa di tubuh.

“Kalau sudah terbiasa dan ingin mencoba sesuatu yang lebih ‘menantang’, Robusta bisa menjadi opsi. Tetapi, perlu diingat, kandungan kafein yang lebih tinggi dalam Robusta dapat memicu reaksi tertentu bagi sebagian orang,” tambah Arie, yang juga bekerja di Accor Group.