Bagikan:

JAKARTA - Mengunjungi Sumatra Selatan, khususnya Palembang, maka tak ada salahnya jika pergi ke Taman Wisata Alam Punti Kayu. Ini merupakan destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan pohon pinus.

Mengutip laman Indonesia Travel, Taman Wisata Alam Punti Kayu berada sekitar 7 km dari pusat Kota Palembang. Taman ini mencakup tanaman hijau seluas 50 hektar.

Pada awalnya taman ini dibangun untuk tujuan konservasi dan ditetapkan sebagai hutan lindung pada tahun 1938. Namun, Punti Kayu akhirnya dibuka untuk umum sebagai hutan rekreasi sejak tahun 1986.

Taman Wisata Alam Punti Kayu memiliki pepohonan pinus rindang yang tumbuh berdampingan dengan pepohonan khas tropis lainnya. Pohon-pohon dan tanaman lain yang ada di taman ini sebagian besar sudah ada sejak masa pemerintahan Belanda berkuasa di Indonesia.

Taman Wisata Alam Punti Kayu terdiri dari empat kawasan wisata, yaitu Hutan Konservasi, Taman Rekreasi, Danau dan Rawa, serta serta Tempat Perkemahan. Tiket masuk Punti Kayu berkisar antara Rp5.000 dengan tambahan biaya parkir dan dibuka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Selama berada di Punti Kayu, Anda akan disambut dengan udara segar untuk dinikmati. Pembukaan taman ini untuk masyarakat umum juga dimaksudkan sebagai destinasi wisata guna melepas lelah setelah seharian bekerja atau mungkin melarikan diri di hiruk pikuk kota. 

Di dalam Punti Kayu Anda bisa menyusuri jalan setapak di hutan pinus, duduk-duduk di tepi danau sambil memandangi pantulan cahaya matahari, hingga wisata air.

Bagi yang menyukai binatang, Punti Kayu juga memiliki kebun binatang kecil dan peternakan buaya. Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan adalah menunggang gajah dan menunggang kuda.