Bagikan:

JAKARTA - Menimbang berat badan penting dilakukan setiap orang, terutama bagi yang sedang menjalani program diet. Hasil dari timbangan berat badan bisa menjadi bahan memotivasi diri sendiri dalam proses diet.

Namun, dalam menimbang berat badan terdapat waktu yang harus diperhatikan. Menimbang berat badan dalam waktu yang tepat akan menghasilkan angka yang akurat.

Dilansir dari Cleveland Clinic, waktu yang tepat untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari, setelah buang air. Usai buang air, segera timbang berat badan Anda, usahakan untuk tidak makan atau minum apa pun dahulu.

Hal tersebut harus dilakukan karena tubuh sudah memiliki cukup waktu untuk mencerna seluruh makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum tidur. Jika tubuh kembali diisi makanan sebelum menimbang, maka makanan belum dicerna sempurna, sehingga dapat memengaruhi hasil timbangan.

Beberapa penelitian juga menganjurkan untuk menimbang berat badan secara teratur, yakni setiap pagi atau seminggu sekali. Menimbang berat badan secara teratur dapat memberikan penurunan berat yang signifikan.

Selain waktunya, menimbang berat badan keadaan diri juga harus diperhatikan untuk memperoleh hasil yang akurat. Salah satunya adalah dengan mengenakan sedikit pakaian atau tidak memakai apa pun ketika menimbang berat badan.

Jika ingin tetap memakai pakaian, usahakan untuk memakai pakaian yang sama setiap menimbang berat badan. Timbangan juga sebaiknya diletakkan di permukaan yang keras seperti lantai, dan postur tubuh berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka sejajar ketika menimbang.