Bagikan:

JAKARTA - Rumah produksi Kura-kura Ijo akan segera merilis film terbaru mereka berjudul Pulung Gantung yang akan disutradarai oleh Adriansyah.

Film Pulung Gantung merupakan film yang terinspirasi dari kejadian nyata, khususnya serangkaian kasus bunuh diri yang mengguncang Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Warga Gunung Kidul yang menganut mitos ini meyakini bahwa fenomena bunuh diri dengan cara gantung diri berasal dari Pulung Gantung.

Adriansyah menuturkan kalau film bergenre misteri ini nantinya juga akan sebagai kritik terhadap Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) atas pernyataan fenomena bunuh diri di daerah Gunung Kidul ini merupakan salah satu bentuk warisan budaya.

"Sangat tidak tepat jika sebuah lembaga pemerintah menganggap fenomena ini disebut sebagai warisan budaya," kata Adriansyah di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin, 30 September.

"Menurut saya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah terburu-buru dalam mengambil kesimpulan. Ini adalah misteri yang perlu ditelusuri lebih lanjut agar kasus ini tidak terulang lagi," tambahnya.

Adriansyah berharap kalau film ini nantinya bisa memberikan sudut pandang yang lebih logis kepada penonton terkait fenomena.

"Sebagai sineas sekaligus warga negara yang mencintai budaya bangsa, saya memiliki perspektif alternatif yang sepatutnya dipertimbangkan secara lebih rasional," tutur Adriansyah.

"Dalam film ini, saya berupaya mengupas tema tersebut melalui mitos-mitos yang beredar di masyarakat Gunung Kidul, di samping misteri dan tindakan bunuh diri," bebernya.