Sering Disindir Lewat Media Sosial? Begini Cara Ampuh Menghadapinya
Ilustrasi (Jakob Owens/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sindiran adalah celaan atau ejekan berupa perkataan yang ditujukan pada orang lain. Biasanya, jika seseorang memiliki perasaan kurang menyenangkan pada orang lain, hal tersebut akan diungkapkan lewat sindiran. 

Perkembangan media sosial menjadikannya tak luput sebagai salah satu tempat mengumbar sindiran. Jika Anda salah satu orang yang pernah disindir lewat media sosial, begini cara ampuh menghadapi sindiran di media sosial.

Langsung evaluasi

Memang, rasanya pasti kesal jika kita disindir lewat media sosial. Saat menerima sindiran di media sosial, usahakan untuk tetap tenang dan cobalah untuk mengevaluasi. Boleh kesal, tapi sebisa mungkin cobalah untuk mengevaluasi diri. Coba pikirkan semuanya baik-baik. Bisa jadi apa yang dikatakan mereka memang benar. Berpikirlah positif dan jadikan sindiran sebagai masukan agar bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kontrol diri

Apapun yang Anda rasakan semuanya tergantung dari diri sendiri, bukan orang lain, apalagi dari postingan orang. Selain itu, coba perhatikan baik-baik apakah sindiran tersebut memang ditujukan untuk Anda? Kalau orang tersebut tidak mencantumkan nama Anda pada postingan, bisa saja Anda yang terlalu perasa kalau sindiran tersebut ditujukan untuk Anda. Cobalah untuk cuek. Terkadang, bersikap terlalu sensitif dan menganalisa sesuatu secara berlebihan hanya akan membuat hidup jadi makin susah. 

Sabar

Jika teman mulai membuat status bernada sindiran, sebaiknya jangan keburu emosi. Lebih baik, diam saja dulu. Ingat, diam itu emas. Kadang, tujuan teman menyindir untuk membuat Anda merasa kesal dan emosi. Jika Anda menanggapinya dengan serius, dia akan semakin senang. Sedangkan jika Anda diam, si teman justru makin kesal karena tak ditanggapi. Tak ada hal yang lebih menyebalkan daripada kesal dengan orang dan orang tersebut pura-pura tak tahu.