Bagikan:

JAKARTA – Panitia Pelaksana Resmi Seleksi Oscar Indonesia 2024 mengundang para pembuat film Indonesia untuk mendaftarkan karya mereka. Seleksi ini akan menentukan film yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Academy Awards ke-97 pada kategori International Feature Film Award.

Komite Seleksi Oscar Indonesia (IOSC), yang terdiri dari profesional dan pengamat perfilman terkemuka, bertanggung jawab untuk memilih film yang akan diajukan. Komite ini diakreditasi oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS).

Syarat Pendaftaran:

  • Film harus dirilis pertama kali di Indonesia antara 1 November 2023 hingga 30 September 2024.
  • Film harus diputar di bioskop komersial selama setidaknya tujuh hari berturut-turut.
  • Film harus memenuhi semua kualifikasi kategori dan persyaratan kelayakan yang ditetapkan oleh Academy Awards.
  • Pendaftaran dibuka mulai Kamis, 1 Agustus 2024, dan akan ditutup pada Jumat, 30 Agustus 2024, pukul 17.00 WIB. Informasi lebih lanjut mengenai syarat pendaftaran tersedia di situs resmi IOSC. Aturan lengkap Oscars dapat diakses di situs resmi Oscars.

Indonesia telah berpartisipasi dalam kategori International Feature Film sejak 1987. Penghargaan ini diberikan oleh AMPAS setiap tahun kepada film panjang non-Inggris terbaik yang diproduksi di luar Amerika Serikat.

Ajang Oscar ke-97 akan diselenggarakan pada 2 Maret 2025, dan akan disiarkan langsung dari Dolby Theatre di Ovation Hollywood, Los Angeles, ke lebih dari 200 wilayah di seluruh dunia.