Curhatan Aktris Andrea Dian Jadi Pasien Positif COVID-19
Kredit foto: Andrea Dian (Instagram @andreadianbimo)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, 22 Maret, aktris Andrea Dian mengunggah tulisan panjang di akun Instagramnya tentang kondisi kesehatanya yang positif virus corona atau COVID-19. Pesan itu, menyertakan potret ia memakai masker dan berada di dalam rumah sakit.

Dalam unggahannya, Andrea berpesan kepada orang-orang terdekat dan orang yang baru bertemu dengannya agar lebih berhati-hati agar bisa melakukan pencegahan penularan virus tersebut. Andrea pun menuliskan dirinya dalam keadaan baik-baik saja saat pesan ini ditulis.

Awal ceritanya, aktris kelahiran 11 April ini merasa demam pada 13 Maret dan dibawa ke sebuah rumah sakit swasta. Ia didiagnosis mengalami demam berdarah dan langsung diopname. Dua hari setelahnya, ia sudah mulai fit.

Andrea merasa khawatir dan memutuskan untuk cek thorax dan influenza, hasilnya negatif. “Dan waktu scan paru, ada flek di kanan dan kiri. Karena ada flek maka besoknya tanggal 16 Maret Aku cek swab untuk tes apakah aku terinfeksi virus COVID-19 apa tidak,” kata dia.

Pada 18 Maret, ia dinyatakan positif COVID-19 oleh rumah sakit. Setelahnya, istri dari aktor Ganindra Bimo ini dipindahkan ke rumah sakit yang dirujuk pemerintah untuk diisolasi. Tidak hanya terpapar corona, Andrea memiliki tantangan lain yaitu kondisi auto immune yang mesti dia jaga agar tetap fit. 

Dia menambahkan, kondisi rumah sakit tempat dia diisolasi sangat mengkhawatirkan. Dia diisolasi bersama lima pasien positif dengan kondisi berbeda. Perawat dan dokter dirasakan ramah dan membantu pasien namun kurangnya tenaga dan logistik, membuat pekerja medis menjadi kewalahan.

“Aku cukup beruntung mendapatkan tempat tidur, walau fasilitas kamar yang seadanya. Tapi di luar masih banyak yang tidak dapat tempat istirahat yang layak. Beberapa pasien bilang ada yang tidur di bangsal, bahkan di kontainer,” kata dia dalam unggahannya itu.

Dia berharap, otoritas bisa memperhatikan tenaga medis serta fasilitas kesehatan dalam penanganan COVID-19. Hal ini bisa dimulai dari hal-hal dasar seperti hand sanitizer, tisu, sabun, air minum yang dia rasa kurang cukup sebagai pasien.

Dia menambahkan, peralatan dan pertolongan yang layak dibutuhkan agar korban tidak semakin bertambah. Postingan ini direspon positif dan dukungan oleh teman-teman publik figur yang mengirimkan pesan semangat untuk Andrea agar cepat pulih.

Hari ini, pasien positif COVID-19 mencapai 514 orang, dengan 48 korban meninggal dunia dan 29 dinyatakan sembuh. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk berdiam diri di rumah dan menghindari keramaian untuk pencegahan penularan virus yang berasal dari Wuhan, China ini. 

Ilustrasi (Ilham Amin/VOI)