4 Hal yang Menghambat Hidup Lebih Berkembang
Ilustrasi hal yang menghambat hidup lebih berkembang (Freepik/wayhomestudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanpa disadari, banyak hal bisa menghambat untuk menjadi berkembang. Seringkali yang menghambat bukan karena kekurangan uang, hubungan yang buruk, ataupun pendidikan yang terbatas. Justru cara kita menjalani hidup, perilaku, dan kebiasaan yang menghambat.

1. Bersikap menghindar

Menghindar, atau tidak menyukai hal-hal tidak terduga atau takut gagal hingga takut menghadapi konflik, pemicunya adalah rasa takut. Masalah pada penghindaran bukan karena mengesampingkan masalah, tantangan, konflik sementara waktu. Tetapi mengabaikan dan menghindar dianggap lebih baik secara terus-menerus membuat seseorang terhambat untuk “naik kelas”.

2. Merasa masih punya banyak waktu

Merasa masih punya banyak waktu lalu menghindar atau mengabaikan hal-hal yang seharusnya dilakukan, membuat Anda terlena. Dalam situasi ini, atau disebut ketertarikan negatif, membuat hidup tak berkembang.

hal yang menghambat hidup lebih berkembang
Ilustrasi hal yang menghambat hidup lebih berkembang (Freepik/wayhomestudio)

3. Keyakinan yang dibangun

Anda bisa berpandangan optimis saat yakin bisa mencapai hal yang diinginkan. Namun sebagian besar orang, berpandangan negatif, menganggap tidak bisa sukses, hidup adalah perjuangan, dan tidak bisa mempercayai orang lain untuk mendukung kesuksesannya. Jika cerita negatif yang diingat, penuh dengan trauma, mungkin tidak akan membuat Anda lebih baik. Justru dengan mengingatnya lekat-lekat akan sulit membuat Anda berkembang. Sebaliknya, menghadapi masa lalu buruk perlu dibarengi dengan menegaskan kembali citra diri bahwa Anda pantas mendapatkan apa yang Anda inginkan.

4. Terlalu pasrah

Ketika Anda mengharapkan suatu pencapaian tertentu, kepasrahan ada batasnya. Saat upaya sudah mencapai puncak namun capaian belum nampak, maka ada faktor yang tidak bisa dikontrol sehingga perlu pasrah. Tetapi kadang Anda tidak mendapatkan keberhasilan karena berhenti berjalan. Anda menyerah dan pasrah sebelum usaha-usaha mencapai puncaknya.

Keempat hal di atas bisa menghambat menjadi lebih baik. Baik itu pencapaian, kesuksesan, maupun pertumbuhan diri. Hal paling sederhana untuk meraih pencapaian Anda, kuncinya adalah tindakan. Lakukanlah sesuatu yang berbeda, ambil langkah kecil, memiliki kemauan, mendapatkan dukungan untuk terus bergerak maju, dan jangan mengharapkan perubahan yang cepat, pesan Bob Taibbi, LSCW., dilansir Psychology Today, Rabu, 14 Februari.