Bagikan:

JAKARTA – Pameran foto bertajuk Explain, digelar di Universitas Borobudur, Jl. Kalimalang, Jakarta Timur pada 18-20 Agustus 2023. Topik utama pameran foto ini adalah HIV AIDS. Foto-foto yang dipamerkan merupakan karya fotografer senior Indonesia, yang lebih kondang sebagai pewarta foto olahraga, Tjandra Moh. Amin.

HIV AIDS kembali menjadi topik hangat dalam masyarakat, setelah dalam satu tahun terakhir penyebarannya ternyata meningkat. Menurut data hingga Juni 2022 tercatat 519.158 orang di Indonesia terpapar HIV AIDS. Lebih menyedihkan, karena menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sebanyak 1.188 penderita HIV AIDS adalah anak-anak.

Lantaran kondisi yang masih memprihatinkan tersebut, Universitas Borobudur bekerja sama dengan organisasi nirlaba yang bergerak dalam penanggulangan HIV AIDS, Syair.Org, Deteksi Production, Linesource menggelar pameran foto bertajuk Explain. Selain untuk memeriahkan HUT ke-78 RI yang bertema Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Selain pameran foto, dalam acara ini juga digelar diskusi, dengan tujuan mengampanyekan soal bahaya HIV AIDS dan cara menghindarinya. Masyarakat juga diajak untuk lebih peduli terhadap Orang dengan HIV AIDS (ODHA) lewat aksi donasi.

Tjandra memakai para musisi kenamaan Indonesia sebagai objek jepretan kameranya. Ada sekiitar 25 foto yang dipamerkan, dengan menampilkan musisi-musisi papan atas Indonesia macam Kaka Slank, Ian Antono, Giox Superglad, Robi Navicula, Jerinx Superman Is Dead, dan banyak lagi.

“Pameran foto ini mengambil objek para musisi, karena mereka selama ini dikenal sebagai golongan masyarakat yang dekat dengan gaya hidup sex bebas dan narkoba. Dan memang tidak sedikit dari para pemusik yang terlibat aktivitas tersebut, bahkan terpapar HIV AIDS,” kata Tjandra.

“Sebab itu saya mengajak mereka untuk berbagi pengalaman, bercerita, sekaligus mengampanyekan soal bahaya gaya hidup seks, drugs, dan rock n’roll. Musisi adalah role model bagi kaum muda, dan diharapkan mereka juga menularkan virus kebaikan bagi generasi muda,” ujar Tjandra lagi.

Menurut rencana pameran foto Explain akan digelar di berbagai kota di Indonesia, sebagai sebuah upaya mengampanyekan kepedulian terhadap bahaya HIV AIDS.