BTS Gambarkan Perjalanan 7 Tahun Karier Mereka dalam <i>Map of the Soul: 7</i>
BTS (Facebook /bangtan.official)

Bagikan:

JAKARTA - Grup Bangtan Sonyeondan atau BTS resmi comeback dengan album baru Map of the Soul: 7. Sebanyak 20 trek termasuk lagu-lagu di album Map of the Soul: Persona masuk ke dalam album ini. Menjelang perilisannya pada 21 Februari kemarin, para member BTS membagikan sedikit cerita tentang album tersebut.

Shadow adalah lagu pertama yang dirilis pada comeback ini. Dari video musik serta liriknya, lagu ini menampilkan sisi gelap seorang idol di balik ketenarannya. Single pra-perilisan Black Swan mengibaratkan seorang penari yang tidak bergairah dengan tariannya. BTS menampilkan lagu ini dalam acara The Late Late Show With James Corden.

Ego menjadi trek kedua yang dinyanyikan J-Hope secara solo pada video trailer kedua. Nuansa cerita yang menghiasi lagu ini menjadi pelengkap kala J-Hope melanggengkan menjadi diri sendiri di tengah ketenaran. Ada konsekuensi yang dipilih apapun pilihan hidup yang kita terima.

Lalu ON, trek utama dalam comeback ini. BTS pun membagi dua versi perilisannya yaitu versi BTS sendiri dan versi berduet dengan Sia. ON menjadi lagu yang menggambarkan perasaan mereka dalam perjalanan musikalnya selama 7 tahun. Sia sendiri menyanyikan bagiannya dalam bahasa Inggris.

Louder Than Bombs yang ditulis oleh Troye Sivan menjadi salah satu trek yang ditunggu oleh ARMY (penggemar BTS). Apalagi beberapa kali BTS menyebut Troye Sivan sebagai penyanyi yang ingin mereka ajak berduet. Falsetto Jimin terdengar indah dalam trek ini.

Kemudian We Are Bulletproof: The Eternal merupakan sekuel dari We Are Bulletproof Pt.2 yang ada dalam album Dark and Wild (2014). Lagu ini memiliki elemen pop dominan dan berbeda dengan Pt.2 yang sangat hip-hop dengan beat trap.

Trek berikutnya UGH! ditulis oleh eksekutor rap line BTS yaitu RM, Suga, dan J-Hope. Trio rap yang dikenal lantang ini mengekspresikan kemarahan mereka secara mendalam. Untuk 0:00 (Zero O’Clock) dinyanyikan oleh Jimin, V, Jungkook, dan Jin. Trek bernada slow r&b ini menampilkan kemampuan vokal keempatnya yang lebih luas.