Syuting di Labuan Bajo, Haico Van der Veken Belajar Banyak Hal Baru
Haico Van der Veken (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Haico Van der Veken akan tampil kembali di film layar lebar sebagai pemeran utama, lewat film drama komedi berjudul Nona Manis Sayange. Terakhir kali sang aktris jadi pemeran utama di film layar lebar terjadi pada tahun 2019 lalu lewat Kain Kafan Hitam.

Melalui film Nona Manis Sayange, Haico Van der Veken memerankan warga lokal Labuan Bajo bernama Sikka. Ia menggambarkan karakternya sebagai wanita dengan kepribadian kuat yang punya latar belakang pendidikan tinggi bagi masyarakat di Labuan Bajo.

Bukan tanpa alasan Haico memutuskan kembali berakting di film layar lebar, ia juga merasa tertantang untuk memerankan karakter wanita asli Labuan Bajo seperti Sikka.

“Film ini kan membawa kan menampilkan apa yang ada di Labuan Bajo, jadi menarik banget untuk aku. Selain itu aku juga tertarik untuk main jadi orang Bajo, padahal nggak ada pengalaman, tapi aku justru bisa belajar hal baru,” ujar Haico Van der Veken saat konferensi pers di Kemang, Jakarta Selatan pada Kamis, 27 Juli.

Salah satu hal tersulit yang harus dilewati Haico dalam memerankan Sakka adalah dialog menggunakan dialek Bajo. Batuh waktu baginya untuk bisa lancar berbicara dengan dialek Bajo.

“Lumayan susah (dialog pakai dialek Bajo). Kita waktu belajarnya beberapa hari sebelum syuting, tapi kita membiasakannya dengan cara pakai dialek itu saat ngobrol setiap hari,” kata Haico Van der Veken.

Hal lain yang menjadi tantangan saat syuting di Labuan Bajo adalah cuacanya yang sangat terik. Diketahui bahwa wajah Haico timbul jerawat ketika hampir sebulan syuting di sana.

“Kalau aku soal jerawatan bukan sepenuhnya karena Labuan Bajo. Kalau aku jalan-jalan ke mana, pasti mukaku akan break out, udah biasa. Tapi memang panasnya lumayan,” tutur Haico.

Bicara mengenai comeback ke layar lebar, Haico mengatakan bahwa bukan berarti dirinya meninggalkan layar kaca, namun karena pencarian akan tantangan baru di luar sinetron. Kedepannya, ia akan tetap berakting di layar lebar maupun layar kaca, bergantung pada tawaran yang ada.

“Pertama kali ditawarin Nona Manis Sayange, aku langsung tertarik. Aku mau explore di luar sinetron,” ucap Haico Van der Veken.

“Kita lihat nanti lah, kalau ada film ambil, kalau ada sinetron dan series juga ambil. Aku bakal ambil yang bisa aku ambil dan punya cerita yang bagus. Aku mau terus berkembang untuk jadi aktor yang lebih baik,” pungkasnya.